TRANS SULTENG - DONGGALA, PT. Berkat Meriba Jaya dan Rekanan diberikan surat teguran oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Donggala Terkait pelaksanaan proyek rehabilitasi pekerjaan jalan dan renase yang ada diruas dalam Kota Donggala Tahun Anggaran 2020 dengan brandol sebesar Rp.5,9 Miliar.


Dinas PU Kabupaten Donggala memenuhi panggilan Komisi III DPRD Donggala untuk mendengarkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait kualitas pekerjaan jalan dan renase yang kurang rapi.


Dalam kesempatan itu ,Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Kabupaten Donggala Rathi menjelaskan ,terkait ruas pekerjaan dalam Kota Donggala yang mengalami kerusakan itu akan segera kami perbaiki.


“Kami akui bahwa ada beberapa titik bagian jalan kecil yang dikerja itu sekitar ada beberapa ratus meter mengalami kerusakan ,dan untuk sistem penyelesaian itu sudah kami lakukan monitoring bersama konsultan ,pengawas ,PPTK ,pengawas lapangan dan pelaksaan kegiatan sendiri ,serta sudah didentifikasi ,kami juga sudah tau titik-titik lokasi yang mengalami kerusakan ,”Ucap Rathi didampingi PPTK Zein.T dalam RDP diruang Sidang Dua Kantor DPRD Donggala Kamis (21/01/2021).


Rathi menambahkan ,kemarin (Minggu lalu) kami sudah memberikan berita acara ,dan juga terkait kerusakan sudah dilakukan pembuatan surat teguran kepada rekanan untuk supaya dilakukan perbaikan didalam masa pemeliharaan ini.


 “Terkait dengan masa pemeliharaannya ini selama enam bulan ,jadi apapun kerusakan yang terjadi selama sepanjang masa pemeliharaan itu mereka akan tetap bertanggung jawab ,prosedur perbaikan semua kerusakan-kerusakan renase dan badan jalan ,”jelasnya.



Sementara itu ,Ketua Komisi III DPRD Donggala Sudirman berharap pembangunan pekerjaan tersebut harus segera diperbaiki sesuai harapan kita semua ,sehingga nantinya tidak ada kegaduhan yang terjadi seperti kemarin.


“Kami (Komisi III) sudah meninjau kelapangan ,dan benar ada sedikit kerusakan pekerjaan pembangunan tersebut ,dan kami berharap pekerjaan yang sudah ada itu untuk segera diperbaiki lagi ,”ujarnya.


Disela-sela RDP tersebut Anggota Komisi III dari Frkasi PDI-P Saiful Lamboka menambahkan ,terkait dengan hal-hal kerusakan jalan saat ini menurut indikasi pekerjaan tersebut kurang maksimal ,sehingga dimedia sosial masyarakat ini menjadi sosial bahwa pekerjaan ini kesannya tidak baik ,dan merugikan keuangan Negara.


“Kami selaku anggota DPRD mengintrusikan kepada Ketua untuk memanggil Dinas PU yang terkait dalam hal tersebut untuk mengklarifikasi ,”tuturnya.


Dikatakannya lagi ,Kami (Komisi III) meminta untuk dibuatkan tembusannya (Berita acara) yang sudah dibuatkan kepada yang bersangkutan ,biar nantinya kami punya pegangan ,agar menjaga suatu saat nanti jika terjadi hal-hal yang tidak diingikan oleh masyarakat.


“Kami (Komisi III) akan tetap mengawasi selama masa pemeliharaan yang diberikan PU terhadap rekanan selama enam bulan kedepan ,”tandasnya.**(Syamsir)**           

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama