Kepedulian Semua Elemen Dibutuhkan Untuk Atasi Sampah



TRANS SULTENG - MOROWALI,"Pendekatan pengelolaan sampah seyogyanya dilakukan melalui pendekatan berbasis 3R dan berbasis masyarakat, pengelolaan sampah secara terpadu dengan melaksanakan pengelolaan sejak dari sumbernya, 3R adalah upaya yang meliputi kegiatan mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse) dan mendaur ulang sampah (recycle)" Camat Bahodopi, Tahir, Minggu (21/2/2021) dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).



   Dikatakannya, pengelolaan sampah dibutuhkan partisipasi aktif dan kepedulian semua elemen yang harus dimaksimalkan. "Saat ini kita masih terkendala dengan keterbatasan infrastruktur, sarana dan prasarana, namun kita lakukan secara bertahap dengan partisipasi aktif semua elemen, sehingga pengelolaan sampah di kecamatan Bahodopi bisa kita maksimalkan" ungkap Tahir.



   Ia berharap, ke depan tahapan-tahapan seperti penyediaan TPS 3R, armada pengangkut sampah serta mendorong Bumdes untuk mengelola sampah secara mandiri di desa masing masing juga perlu dilakukan sehingga masyarakat dapat tumbuh kesadaran dan berpartisipasi aktif dalam menangani persoalan sampah di wilayah Kecamatan Bahodopi.



   Sesuai hasil rapat HPSN sebelumnya, kata Tahir, ia akan mendorong Desa Fatufia untuk menjadi pilot project untuk membangun TPS 3R. "Saat ini lokasinya sudah tersedia, tinggal pelaksaan pembangunannya serta penyediaan alat alatnya saja, kita berharap bukan hanya kita mengangkut sampah ke TPA, tetapi sudah ada proses 3R (reduce- reuse- recycle) sehingga sampah organik bisa dikelola menjadi kompos atau daur ulang, dan dimata masyarakat sampah bukan lagi sebuah persoalan, namun sudah bisa menjadi solusi karena memiliki nilai ekonomi" ungkap Tahir.




   Ditambahkan Tahir, selama ini pihaknya selalu melakukan upaya koordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali dan pihak korporasi sehingga diadakan kontainer sampah dan mobil derek.



   Dalam kegiatan HPSN tersebut, diperkirakan sebanyak 500 orang turut berpartisipasi yang tersebar di enam Desa se-Kecamatan Bahodopi antara lain perangkat Kecamatan Bahodopi, personil TNI/Polri, Satpol PP, Lembaga Pemerhati Lingkungan, perwakilan sejumlah perusahaan tambang, karang taruna, perwakilan PMI, tenaga kesehatan, paguyuban, aparat desa, BPD, BumDes, dan insan pers.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1