TRANS SULTENG - Tahun 2020 lalu, sempat terjadi perebutan soal batas Desa antara Bente dan Ipi Kecamatan Bungku Tengah, dimana kedua pihak saling mengklaim.



   Akhirnya, masalah yang telah melibatkan Pemerintah Daerah tersebut dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) Morowali Nomor 47 Tahun 2020 Tentang Penetapan, Penegasan dan Pengesahan Batas Desa Bente dan Desa Ipi Kecamatan Bungku Tengah.



   Dalam Perbup tersebut, dijelaskan pada pasal 2 secara rinci mengenai titik ordinat perbatasan kedua desa, tertanggal 7 Desember 2020 lalu.



   Sementara di pasal 5 disebutkan bahwa peta sebagaimana dimaksud dalam pasal sebelumnya, tidak menghapus hak atas tanah, hak ulayat dan hak adat serta hak pada masyarakat.




   Kepala Desa Bente, Erwin kepada media ini, Rabu (17/3/2021) menyampaikan terima kasih kepada pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali dalam hal ini Bupati dan Wakil Bupati yang telah menyelesaikan permasalahan tersebut.



   "Alhamdulillah meskipun sempat beberapa kali berdebat dan saling klaim, akhirnya masalah ini nisa teratasi dengan adanya Perbup ini, tentunya terima kasih yang tak terhingga dari saya mewakili seluruh masyarakat Desa Bente kepada Pak Bupati dan Wakil Bupati, semoga kita semua bisa menerimanya" pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama