Warga Kulolu Keluhkan Tak Pernah Rasakan Air Bersih, Sekdakab Donggala Janji Akan Selesaikan Persoalan Air Bersih



TRANS SULTENG - DONGGALA, Sekitar puluhan warga Dusun Kulolu yang berada di Kelurahan Ganti Kecamatan Banawa mendatangi Kantor Bupati Donggala pada Senin (29/03/2021). Kedatangan warga tersebut terkait air bersih yang berada di Dusun mereka yang tidak pernah dirasakan oleh warga tersebut.


Kedatangan unjuk rasa tersebut dengan aksi damai ,dan dijaga ketat oleh Aparat Kepolisian Polres Donggala dan Polsek Banawa. Sekretaris Daerah Rustam Efendi didampingi oleh Asisten Satu H. Yusuf Lamankampali bersama Pejabat Teknis Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Donggala menghampiri para ujuk rasa tersebut.


Koordinator Lapangan (Korlap) dipimpin oleh Kalbi ,ia menuntut pemerintah untuk memperhatikan fasilitas air bersih di daerah mereka ,karena di daerah mereka itu sudah menjadi wilayah perbatasan antara Dusun Kulolu Kelurahan Ganti dengan Kelurahan Baneoge.


“Berikan kami air bersih sekarang juga tanpa syarat dan pungutan pajak dari pemerintah daerah. Dari Tahun 2017 fasilitas SPAM dibangun ,tapi sampai sekarang Tahun 2021 ini ,kami belum bisa menikmati yang namanya air bersih ,”kata Kalbi.


“Kami juga minta kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan kondisi nelayan Dusun Kulolu ,karena Dusun kami mayoritas para nelayan ,berikan juga kompensasi kepada Dusun Kulolu yang terdampak Covid ,dan bagaimana kita mau melakukan Protokol Kesehatan (Prokes) sedangkan air bersih di Dusun kami tidak ada ,”harapnya.


Sementara itu ,Pejabat Teknis PU dihadapan unjuk rasa tersebut mengatakan ,di Dusun Kulolu itu sudah dilakukan pengeboran untuk air bersih.


“Kami sudah Dua kali lakukan pengeboran ,pertama kedalaman 30 meter dan airnya masih asing ,dan kemudian ditambah lagi kedalaman 75 meter tapi airnya rasa pahit ,”katanya.


Sekretaris Daerah menambahkan ,dan ia berjanji akan menyelesaikan persoalan air bersih yang di Dusun Kulolu.


“Kami akan meninjau lokasi Dusun Kulolu bersama Pejabat Teknis dari Dinas PU ,Pak Camat Banawa ,dan Lurah Ganti dan kami harap ada warga di lokasi itu ,Tahun 2021 ini air bersih yang ada di Dusun Kulolu yang tepatnya di Kelurahan Ganti akan mengalir , ”kata Rustam Efendi dihadapan para unjuk rasa.


Setelah mendengar penjelasan dari Dua Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala ,para ujuk rasa tersebut yang mayoritas dihadiri oleh kaum hawa (ibu-ibu) membubarkan diri dengan pengawalan dari Aparat Kepolisian.


Diketahui Dusun Kulolu berdiri sejak Tahun 1961  yang terletak di pegunungan pesisir pantai dan Dusun tersebut mayoritas warga berprofesi sebagai pelaut /nelayan penghasil ikan batu.**(Syamsir)**   

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1