TRANS SULTENG - DONGGALA, Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala menggelar kegiatan Sosialisasi Hukum Koordinasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) bersama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) ,diruang Kasiromu Kantor Bupati Donggala ,Selasa (09/03/2021).


Kegiatan sosialisasi tersebut terkait dengan penanganan laporan atau pengaduan masyarakat dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.


Adapun kegiatan sosialisasi tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Donggala ,Drs. Kasman Lassa ,SH. MH ,dan dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Donggala ,Kabag Sumda Polres Donggala ,Kasi Pidsus Kejari Donggala ,para pimpinan OPD ,para Camat ,dan para Kepala Desa yang ada di Kabupaten Donggala.


Dalam pembukaan sosialisasi tersebut Bupati Donggala Kasman Lassa ,mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat membantu pemerintah ,terlebih untuk pemerintahan dilingkungan Pemerintah Desa.


“Kepada peserta sosialisasi ,agar mengikuti kegiatan tersebut dengan baik ,sehingga hasilnya nanti dapat dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas ,”harap Kasman Lassa.  


Dalam kesempatan itu ,Wadirreskrimsus Polda Sulteng ,AKBP. Sirajuddin Ramly ,mengatakan bahwa dasar hukum dilakukannya sosialisasi dalam hal perjanjian kerjasama antara Gubernur Sulteng dengan Kapolda Sulteng ,oleh APIP Provinsi Sulteng dan APH Polda Sulteng Nomor : 356/52/RO.Hukum.G.ST/2020, Nomor : MOU/5/1X/2020 tentang Optimalisasi Pencegahan Korupsi.


Dikatakannya lagi ,bahwa terkait dengan pengelolaan pemerintahan daerah harus berjalan efektif dan efesien. Tentunya dalam menjalankannya tata pengelolaan keuangan betul-betul transparan dan akuntabel agar tidak terjadi persoalan hukum.


“Karena kalau kita mengalami tindak pidana korupsi bukan saja hanya diri kita dan karir yang hancur ,tetapi keluarga akan terkena imbas dari pada perbuatan kita ,jelasnya. Sirajuddin juga meminta agar perbuatan korupsi harus di hindari ,”tandasnya.


Kegiatan sosialisasi tersebut ditutup oleh Wakil Bupati Donggala ,Moh. Yasin ,S. Sos ,dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemateri dan seluruh peserta sosialisasi.


“Mudah-mudahan materi yang telah disampaikan diterima dengan baik ,paling tidak mendapatkan catatan penting dalam melaksanakan tugas ,”tuturnya.


Hal tersebut terkait dengan pemerintahan dan pelayanan ditingkat masyarakat ,baik Camat dan Kepala Desa terhadap pembangunan di wilayah Kabupaten Donggala ,harapnya.


“Materi yang barus saja disajikan merujuk kepada mengamankan keuangan Negara dan Rakyat ,untuk itu keuangan harus dikelola dengan baik untuk kepentingan masyarakat ,sehingga bisa bermanfaat dan tepat sasaran ,”jelasnya.**(Syamsir)** 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama