TRANS SULTENG - Keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso didalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa terus diupayakan melalui berbagai langkah strategis. Sambil menyelam minum air Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun, S.Sos seusai membuka kegiatan sekolah lapang cuaca bagi nelayan tidak menyiakan kesempatan langsung turun menemui masyarakat dan kelompok tani nelayan di Tokorondo dan Tiwa,a Poso Pesisir Senin, 05/04.




 Kelompok nelayan pertama yang dikunjungi wabup mewawancarai langsung tentang kendala dan permasalahan yang dihadapi warga nelayan didalam meningkatkan produksi tangkap ikan dan pasca tangkap ikan. 




Begitupun di pengolahan budi daya rumput laut wabup juga mencatat permasalahan yang ditemui para ibu-ibu nelayan.

Di Tiwa,a Wabup Yasin juga menyempatkan menyinggahi beberapa nelayan budi daya rumput laut yang menjadi trend masyarakat nelayan pesisir Poso.



Permaslahan bibit dan perlengkapan budi daya rumput menjadi catatan yang harus ditangani pemerintah dengan segera, selain itu harga yang kadang tidak menentu juga menjadi memo pemerintah daerah untuk segera dicarikan solusinya.

Menurut wabup kedepan pemberian bantuan dan stimulus bagi petani dan nelayan harus tepat sasaran serta efektif. 



Ia mengatakan bahwa hanya petani atau nelayan yang berhak menerima bantuan alat-alat perikanan dan pertanian dan tidak boleh Cuma itu itu saja yang menerima semntara masih banyak nelayan dan kelompok lainnya yang belum tersentuh sama sekali.



Kedepan Wabup Yasin juga menegaskan bahwa bantuan terhadap petani dan nelayan nantinya harus ada kesepakatan bersama dengan pemerintah agar bantuan tersebut digunakan sesuai peruntukannya untuk dapat meningkatkan produksi pertanian dan hasil laut serta budi daya laut yang dikelola masyarakat pesisir.



 “ Hal ini sudah menjadi komitmen kami sejak awal, kami memulai pembangunan dari desa karena sebagian besar masyarakat kita ada di pedesaan dan hamper 80 persen memiliki profesi sebagai petani dan nelayan yang harus mendapat perhatian khusus untuk meningkatkan kesejahteraannya”. Terang Yasin.


Ia juga berjanji setelah turun mendengar langsung keluhan masyarakat petani dan nelayan untuk segera mengambil langkah strategis dan kongkrit bersama dinas terkait agar masyarakat pesisir bisa menikmati hasilnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama