Diduga Masih Lemah,Pengawasan Soal Aktifitas Kapal Di Perairan Laut Morowali



TRANS SULTENG - Sejak hadirnya sejumlah perusahaan tambang nickel di Kabupaten Morowali, aktivitas perkapalan di perairan laut Kabupaten Morowali semakin ramai. 



   Banyaknya aktifitas kapal, membuat petugas yang berwenang melakukan pengawasan diduga masih lemah dalam hal mengawasi pergerakan keluar masuknya kapal pengangkut barang di wilayah hukumnya.



   Belum lama ini, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh media ini, salah satu Self Propelled Oil Barge (SPOB), Sigam Indah yang diduga kuat bermuatan barang berbahaya jenis solar dengan bebasnya beroperasi di perairan laut Kabupaten Morowali tepatnya di wilayah Kecamatan Bahodopi tanpa mengantongi surat izin olah gerak serta bongkar muat dari pihak Syahbandar.




   Hal itu diakui oleh salah satu pejabat UPP Kolonodale, Muharram MS, yang dikonfirmasi via WhatsApp pda Jum'at (02/4/2021). Ia menegaskan bahwa kehadiran SPOB di laut Kecamatan Bahodopi itu sama sekali tidak diketahui oleh pihak Syahbandar. Bahkan, setelah pihaknya mengecek terkait kelegalan SPOB tersebut, sama sekali belum teregister di UPP Kolonodale. 



  "Mohon maaf, soal kapal itu kami tidak tau kegiatannya apa, agennya juga tidak diketahui, dan kapal itu belum terregister di kantor kami, keagenannya di Bungku juga belum ada melapor ke kami" ungkap Muharram.



   Terpisah, Danpos Polairud Morowali, Bripka Yova N Gintu yang dikonfirmasi mengenai keberadaan SPOB Sigam Indah yang saat ini tengah berlabuh di salah satu Jetty yang berada di Desa Lalampu Kecamatan Bahodopi, dengan tegas mengatakan bahwa ia bersama anggotanya sama sekali tidak mengetahui kehadiran apalagi sudah berapa lama SPOB tersebut melakukan aktivitas di wilayah hukumnya. "Info yang kami dapat, kapal itu dalam kondisi rusak makanya haluannya dikandaskan, dan mengenai info aktifitas kapal tersebut kami masih menyelidiki kebenarannya" tandasnya.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1