TRANS SULTENG - DONGGALA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Donggala menggelar rapat terkait dengan Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) bersama seluruh satuan Pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) wilayah Rayon I (Satu).


Dimana rapat tersebut digelar di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala pada Rabu (02/06/2021). Adapun rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Donggala ,Drs. Kasman Lassa ,SH., MH ,didampingi Sekretaris Daerah ,Dr. Rustam Efendi ,S. Pd., SH., M. Ap ,Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ,Hatta ,Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ,H. Kasmudin ,SS., MM ,dan Sekretaris Inspektorat ,H. Hasan Nurdin ,S. Pd., M. Ap.


Dalam kesempatan itu ,H. Kasmudin dalam laporannya menuturkan maksud tujuan rapat tersebut yaitu ,untuk mengevaluasi penggunaan dan pelaporan dari seluruh penerima Dana BOS baik itu SD maupun SMP Rayon Satu Tahun 2020.


“Dimana Rayon Satu yang dimaksud itu adalah Lima Kecamatan yang ada di Kabupaten Donggala pertama Kecamatan Pinembani ,Rio Pakava ,Banawa Selatan ,Banawa Tengah dan Banawa ,”sebut Kadis Pendidikan dan Kebudayaan.


Sementara itu ,Bupati Donggala mengatakan ,bahwa sebelumnya sudah disampaikan terkait dengan penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah.


“Dana BOS itu merupakan dana yang diberikan oleh pemerintah melalui APBN yang kapasitasnya sama dengan Anggaran Dana Desa (ADD) ,untuk itu ,dalam penggunaan Dana BOS harus ada perencanaan ,agar sesuai dengan kebutuhan ,”ujar Bupati.


Bupati menambahkan ,Dana BOS juga dapat menunjang kinerja operasional sekolah ,pelaporan penggunaan Dana BOS yang taat azas ,sehingga tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.


Dengan hal itu ,pemerintah melahirkan konsep sistim aplikasi pembelanjaan sekolah ,dimana semua sekolah apabila melakukan pembelanjaan sudah melalui sistim online ,sebutnya.


“Ini yang patut untuk kita pahami ,sehingga pengelolaan uang tidak main-main artinya bahwa sesuai dengan peruntukannya yang efektif dan efesien ,”tegasnya. **(Syamsir)** 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama