TRANS SULTENG - DONGGALA, Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala menerima kunjungan Koordinator Penyerasian Pengelolaan Lingkungan ,Heldo Marta ,S. Hut., M. Sc ,Kementerian Desa ,Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (Kemendes PDTT RI).


Kunjungan Kemendes PDTT RI ke Pemdakab Donggala terkait menindaklanjuti hasil rapat Koordinasi Direktorat Jendral Pembangunan Daerah Tertinggal dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Republik Indonesia (RI).


Dimana kunjungan tersebut diterima oleh Wakil Bupati Donggala ,Moh. Yasin ,S. Sos., M. Ap ,dengan baik diruang kerjanya ,dihadiri oleh Camat Banawa Donggala ,Rustam ,SH ,Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup ,Drs. Haeruddin L ,dan Kepala Seksi Inventarisasi RPPLH ,KLHS ,dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup ,Ronny ,SE.


Dalam kesempatan itu ,Heldo Marta sebagai Koordinator Penyelarasan Pengelolaan Lingkungan ,menggambarkan beberapa hal yang terkait dengan rehabilitasi/penanaman mangrove yang diantaranya yaitu Kecamatan Banawa dan Banawa Selatan Kabupaten Donggala.


Terkait dalam hal itu ,ada Tiga Kecamatan dan 15 Desa yang nantinya menjadi target pelatihan pembibitan ,penanaman ,dan pemeliharaan. Dimana dalam pelatihan dilakukan secara swakelola ,yang artinya bahwa kegiatan tersebut murni dilakukan oleh masyarakat ,termasuk membangun wisata mangrove ,dan yang nantinya akan dikerjakan oleh masyarakat.


“Kita juga melatih bagaimana membuat pemeliharaan mangrove ,dan juga penguatan kelembagaan dimasyarakat. Makanya kita harus bentuk kelompok-kelompok ,masyarakat yang nantinya bagus hasilnya ,dan akan ditetapkan sebagai kepariwisataan ,itulah sebagai gambaran tujuan kunjungan kerja kami ,”kata Heldo Marta dihadapan Moh. Yasin.


Heldo Marta berharap ,mudah-mudahan kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik. Dengan adanya mangrove ,air laut tidak lagi masuk ke daratan. Diapun sampaikan ,bahwa untuk kedepan masih ada pelatihan pemberdayaan bagaimana masyarakat mengelola mangrove secara baik.


“Diusahakan produk turunan mangrove dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai budidaya kepiting dan ikan air payau ,sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat ,”tuturnya.


Sementara Wakil Bupati Donggala ,Moh. Yasin mengatakan ,bahwa selaku Pemerintah Daerah siap membantu dan memberikan dukungan penuh pada program tersebut.


Moh. Yasin juga mengingatkan ,bahwa secara tekhnis dalam kegiatan tersebut agar melakukan koordinasi dengan Dinas terkait ,harapnya. **(Syamsir)**       

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama