TRANS SULTENG - PALU,sebanyak 205 personil Bintara baru yang terdiri dari 193 Polki dan 12 Polwan akan digembleng selama kurang lebih satu bulan di Satuan Brimob Polda Sulteng sebelum pada akhirnya melaksanakan tugas sebagai anggota Polri pada penempatan pertama nantinya.


Kegiatan latihan pembinaan Bintara Remaja Polda Sulteng Tahun 2021 tersebut resmi dibuka oleh Dansat Brimob Polda Sulteng KBP Joko Sulistio, S.I.K., MH., Kamis (08/07/2021).


Kegiatan upacara ini digelar di lapangan Mako Batalyon A Pelopor yang berada di ksatrian Bharaka Anumerta Saeful Muhdori, Biromaru. 


Dalam prosesinya, perwakilan Bintara Polri Baru menerima siraman bunga dan dipasangi tanda latihan oleh Dansat Brimob yang bertugas sebagai Inspektur Upacara. 


Setelahnya perwakilan tersebut diminta untuk mencium bendera Merah Putih yang disertakan pada upacara tersebut. 


"Prosesi ini memiliki makna cukup dalam, selain sebuah bentuk janji suci, setia menjaga Tanah Air, prosesi tersebut juga bermakna sebagai pengingat bahwa setiap bentuk penugasan nantinya harus dilaksanakan dengan sepenuh hati untuk NKRI." Ujar Kabagops Satbrimob Polda Sulteng Kompol Robi Utomo, SH. MH. 


Dansat Brimob sendiri menyiratkan makna Penghormatan tersebut dalam amanatnya, "...Sehingga menjadi bhayangkara negara berpresisi (prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan) yang setia kepada NKRI dan senantiasa merawat Kebhinekaan serta terus menanamkan kesadaran diri bahwa profesi kepolisian yang saudara pilih merupakan wujud pengabdian yang mulia kepada masyarakat bangsa dan negara dengan meningkatkan kecintaan dan kebanggaan sebagai anggota Polri yang memberikan pengabdian serta karya terbaiknya.".


Selama 1 bulan kedepan, para Bintara baru tersebut akan digembleng dengan kemampuan khas Brimob, dengan harapan akan memiliki mental dan fisik yang tangguh serta disiplin, sekaligus humanis guna menjaga nama besar dan mengemban misi mulia sebagai anggota Bhayangkara kedepannya.


Lp Roby A Naser

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama