TRANS SULTENG - Wakil Bupati Parigi Moutong, H. Badrun Nggai, SE, menghadiri sekaligus meresmikan Desa Tambu Kecamatan Sausu sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN). Acara peresmian yang dilaksanakan di Lapangan Pesisir Desa Tambu pada Selasa, 29 Juni 2021. 


Diacara tersebut, nampak sejak pukul 07:00 wita, sejumlah Prajurit Lanal Palu dibantu Warga desa Tambu telah memepersiapkan prosesi acara dan segala kelengkapan penyambutan Wakil Bupati Parimo, H. Badrun Nggai SE untuk meresmikan KBN binaan Lanal Palu. 


Tidak hanya itu, terpantau Komandan Pangkalan TNI AL Palu Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, M.Tr.Hanla sebagai penanggung jawab acara kegiatan peresmian berkecimpung mengatur dan mengecek kesiapan rangkaian kegiatan acara peresmian agar berjalan maksimal dan sukses.

   

Dan sekitar pukul 10:00 wita, Komandan Lanal Palu menyambut Wabup Parimo di gerbang Kampung Bahari Nusantara didampingi Perwira staff Lanal Palu, Kades Tambu dan masyarakat setempat. Kehadiran Wabup Parimo disambut tarian pedang yang dilanjutkan dengan pemotongan pita dan dipakaikannya Siga kepada Wabup Parimo dan Komandan Lanal Palu oleh perwakilan masyarakat. 



Kemudian, Wabub Parimo bersama Danlanal Palu menuju acara peresmian. Sebelum masuk tempat acara peresmian, Wabub disambut tarian Velegenjong dari masyarakat desa Tambu dan tampak dilokasi acara peresmian, para tamu undangan yang hadir telah menempati tempat duduk yang disediakan panita dan acara peresmian pun dimulai. 


Dalam pandangan mata, tamu undangan yang sempat hadir diantaranya, Asisten II Pemda Provinsi Sulteng mewakili Gubernur Sulteng, Kompol Gusti Akhmad, S.I.K. mewakili Kapolda Sulteng, Kasilog Korem Kolonel Moh Tadin, S.E.,M.M. mewakili Danrem 132/Tadulako, Asintel Kajati, perwakilan dari DPRD Provinsi Sulteng maupun DPRD Kabupaten Parimo, perwakilan dari Kodim Donggal, Forkopimda Kabupaten Parimo, Camat Sausu, Kades Tambu besera perangkat desa Tambu dan turut menyaksikan masyarakat desa Tambu kecamatan Sausu Kabupaten Parimo.



Acara dimulai dengan pembacaan doa oleh imam masjid Desa Tambu dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pada rangkaian acara peresmian Wabup Parimo memberikan sambutan sekaligus meresmikan Program KBN. Dalam sabutanya Wabup Parimo, menyampaikan apresiasi dan dukung terhadap Program KBN ini. 


"Untuk itu, saya berharap kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kelesatarian bahari. Mari kita dukung bersama program KBN ini," kata Wabup Parimo, H. Badrun Nggai SE. 


Melalui kesempatan yang sama Komandan Lanal Palu menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya program KBN ini. Hal ini dianggap perlu untuk meningkatkan kesejahtaraan masyarakat pesisir desa binaan Pangkalan TNI AL palu melalui beberapa klaster.  


"Seperti klaster kesehatan, pendidikan, pariwisata, Ekonomi dan kelestarian lingkungan. Dengan program ini diharapkan bisa memanfaatkan potensi lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dalam binaan Pangkalan TNI AL Palu," ucap Kolonel Marinir Marthin Luther Ginting, M.Tr.Hanla. 


Usai penyampaian sambutan, Wabup Parimo bersama Danlanal Palu dan tamu undangan meresmikan Rumah Pintar (Rumpin) dengan simbolis memotong pita sebagai tanda peresmian dan bisa digunakan oleh masyarakat desa Tambu yang telah selesai dibangun sebagai implementasi dari program KBN klaster Pendidikan.


Selanjutnya Wakil Bupati Parimo didampingi Danlanal Palu yang diikuti undangan melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah adat kaili serta melaksanakan peninjauan kerajinan anyaman tikar, rotan dan meninjau masakan khas daerah yang dilombakan. 


Beberapa saat kemudian, Wakil Bupati Parimo dan Danlanal Palu secara simbolis melaksanakan Penghijauan dengan penanaman tanaman Alpukat dan Kemiri yang merupakan implementasi dari Program KBN klaster ekonomi dan pariwisata. Untuk klaster kesehatan, Wakil Bupati Parimo didampingi Danlanal dan Undangan juga meninjau Baksos KBN Lanal Palu berupa pengobatan dan khitan masal gratis. 


Rangkaian kegiatan tersebut, ditutup dengan melaksanakan ramah tamah sambil menyaksikan implementasi klaster pariwisata berupa parade perahu hias nelayan, Diving transplatasi terumbu karang oleh Prajurit Lanal palu juga masyarakat desa tambu sambil nampak Paramotor yang melaksanakan flying pass di depan tenda tenpat acara peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN).


Perlu diketahui bahwasannya seluruh rangkaian dan selama kegiatan peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) binaan Pangkalan TNI AL palu ini tetap melaksanakan prosedur kesehatan pandemi Covid-19 dengan ketat sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama