Bupati Donggala Mengukuhkan P4GN


Trans Sulteng.com 
Donggala - Bupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, SH, MH, Mengukuhkan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika Pemerintahan Daerah Kabupaten Donggala, dimana kegiatan itu dilaksanakan di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala pada Senin 23 Agustus 2021.


Adapun kegiatan tersebut sekaligus dirangkaikan dengan sosialisasi P4GN oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Propinsi Sulawesi Tengah, Brigjen Polisi H. Monang Situmorang, SH, M. Si.


Kegiatan tersebut dilaksanakan bertujuan dalam rangka mendukung kebijakan Pemerintah Pusat, untuk menindak tegas terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika di Kabupaten Donggala.


Dalam kesempatan itu, Bupati Donggala Kasman Lassa dalam sambutannya menyampaikan, Kejahatan Narkotika merupakan kejahatan luar biasa, sehingga harus diatasi secara serius.


“Penyalahgunaan Narkoba merupakan masalah sosial yang patut dituntaskan, oleh karena itu kepada seluruh Pimpinan OPD agar mendukung dan mewujudkan upaya P4GN sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Donggala dalam melindungi dan menyelamatkan masyakat dari ancaman bahaya Narkoba,” tegas Kasman Lassa.


Olehnya itu, sebagaimana visi Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala yaitu terwujudnya masyarakat Donggala yang sejahtera berdaya saing, mandiri dan berkarakter dengan berpijak pada kearifan lokal, tuturnya.


Bupati Donggala Kasman Lassa menambahkan, bahwa sebagai gambaran Pemda Donggala peduli dengan P4GN, dan P4GN tersebut telah membentuk Desa bersih Narkoba atau Desa Bersinar ,dengan tujuan untuk meningkatkan pendampingan masyarakat Desa dalam penyelenggaraan fasilitasi Desa bersih secara partisipasif, terpadu dan berkelanjutan dengan berbasiskan pendayagunaan sumber daya di Desa Bersinar.


“Desa Bersinar yaitu di Desa Wani Satu Kecamatan Tanantovea Kabupaten Donggala, yang terbentuk diawali dari kegiatan generasi muda Desa Wani Satu pada Tahun 2015 yang menamakan Granat Wani Satu,” kata Kasman Lassa.


Diakhir sambutannya Kasman Lassa mengatakan, dengan kegiatan dan prestasi yang telah mereka dapatkan tersebut, Pemerintah Kabupaten Donggala memberikan penghargaan sekaligus mencanangkan Desa Wani Satu sebagai Desa Bersih Narkoba atau Desa Bersinar.


Sementara itu, Kepala BNN Propinsi Sulawesi Tengah, Brigjen Polisi H. Monang Sitomorang, SH, M. Si, dalam sambutannya mengatakan, agar tim terpadu jangan menjadi slogan saja.


“Untuk pelaksanaannya nanti silahkan dari Kesbangpol selaku ketua hariannya melakukan koordinasi dengan BNNK Donggala, untuk sekretariatnya nanti salah satu bidang dari Kesbangpol sebagai kepala sekretariatnya, dan nanti dibantu dari BNNK Donggala, kalau perlu minta nanti dari BNN Propinsi,” kata Brigjen Polisi H. Monang Sitomorang.


Iapun meminta kepada Bupati Donggala, agar menyiapkan Satu Gedung untuk tim terpadu. Karena jangan begitu dilantik tidak ada pelaksanaannya, tuturnya.


Dikatakannya lagi, kenapa pencegahan didahulukan, bukan pemberantasan dalam langkah mencegah memberantas Narkoba,”Salah satunya adalah paling utama adalah pencegahan, setelah pencegahan baru rehabilitasi, setelah itu baru pemberantasan, tetapi bukan berarti tidak melakukan pemberantasan,”sebutnya.


“Jadi kalau pencegahan tersebut bisa dilakukan seluruh elemen dan lapisan masyarakat serta ikut berpartisipasi dalam melakukan pencegahan Narkoba, Insyaaallah Narkoba yang masuk ke Indonesia dan masuk ke Donggala itu tidak ada orang yang mau membeli,”ucapnya.


Brigjen Polisi H. Monang Sitomorang berharap kepada Bupati Donggala agar menunjuk rumah sakit dan puskesmas yang bisa menerima rujukan bagi para penyalahgunaan Narkotika, tutupnya.


Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan penyerahan cendramata dari Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala kepada Kepala BNN Propinsi Sulawesi Tengah.


Syamsir 

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1