Pemkab Donggala Terima Kunker Rombongan Dirjen Kemenhub RI




Trans Sulteng,donggala-Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala menerima kunjungan kerja (Kunker) rombongan Plt. Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (RI). Dimana kedatangan rombongan tersebut disambut langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Donggala serta Sekretaris Daerah Kabupaten Donggala di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Selasa (14/09/2021).


Kedatangan rombongan Kementerian Perhubungan RI ke Pemerintahan Daerah Kabupaten Donggala dalam rangka Penandatanganan Naskah Hibah dan BAST sebagian tanah/jalan Anjungan Gonenggati, serta bertujuan untuk pembangunan Pelabuhan Teluk Palu antara Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala dengan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.


Adapun kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) bersama rombongan Pemerintahan Provinsi Sulteng, Wakil Ketua I dan II DPRD Kabupaten Donggala, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Donggala, Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli, para Pimpinan OPD dan para Kepala Bagian yang ada dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Donggala dan kegiatan tersebut berlangsung dengan mematuhi Prokes (Protokol Kesehatan).


Dalam kesempatan itu, Bupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, SH., MH, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang dan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Perhubungan Laut RI, pihak Asian Development Bangk (ADB) melalui Emergency Assistance For Rehabilitation And Recontruction (EARR). Dimana project telah mengucurkan anggaran untuk perbaikan infrastruktur sektor Perhubungan Laut di Kabupaten Donggala.


“Perlu kami sampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang masuk dalam kategori Proyek Strategi Nasional (PSN). Oleh karena itu, kami pihak Pemerintahan Kabupaten Donggala beserta Forkopimda sangat serius menyikapi pelaksanaan kegiatan ini,”ujarnya.




Bupati pun mengatakan, wujud keseriusan Pemerintahan Kabupaten Donggala dalam mendukung kelancaran kegiatan tersebut ialah dengan menghibahkan sebagian tanah/jalan Anjungan Gonenggati dengan luas Tiga Hektar dan kolam laut buatan seluas Sepuluh Hektar kepada pihak Kementerian Perhubungan RI melalui Dirjen Perhubungan Laut.


“Kami menitip harapan kepada Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, yang mana dapat memberikan hasil yang terbaik dalam melaksanakan kegiatan ini, yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Propinsi Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Donggala, Anu Makamburaka Rapakasiromu, Anu Masiromu Rapakasaongu, Masintuvu Kita Maroso, Mosinggani Kita Marisi, Mosaungu Patuju Kita Mombangun, Isemapa Maipiapa,” tutur Bupati Kasman Lassa.


Sementara sambutan singkatnya Wakil Gubernur Sulteng Mamun Amir, mengapresiasi kegiatan tersebut, dan diapun mengucapkan terimakasih atas kebesaran jiwa seluruh pihak yang telah ikhlas berkomitmen dan bersepakat dalam mewujudkan serah terima Aset.


“Kami bersepakat untuk melalui sebuah tujuan mulia, dimana untuk membangun Pelabuhan Terminal Donggala,”tutur Wagub.


Sementara itu ditempat yang sama sambutan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI Arif Toha Tjahjagama mengatakan, melalui hibah lahan tersebut itu menjadi bukti bahwa Pemerintah Pusat akan membangun kembali Pelabuhan Donggala yang sempat terganggu oleh adanya bencana tsunami yang terjadi pada 28 September 2018 silam.





“Mudah-mudahan saat dilakukan peresmian nanti, Bupati merancangkan nama tertentu untuk Pelabuhan Donggala, dan Pemerintah Pusat akan mendukung hal tersebut,”jelasnya.


Diakhir sambutannya Arif Toha Tjahjagama menyampaikan ucapan terimakasih atas kolaborasi yang sangat baik, antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah khususnya di Kabupaten Donggala dalam mewujudkan pembangunan Pelabuhan sebagai simbol Pelabuhan Ekonomi Daerah.


Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan Penandatangan Naskah Hibah dan BAST dan penyerahan cendramata, serta peninjauan lokasi Pembangunan Pelabuhan Donggala. **(Syamsir)**            

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1