Biaya pra sertifikasi PTSL Desa pallakawe 2021 capai angka Rp. 250.000..



Trans Sulteng, Tolitoli-Pemerintah Desa pallakawe Kecamatan Dampal selatan Kabupaten Tolitoli  mendapatkan bantuan program pemerintah melalui Dinas pertanahan kab. Tolitoli  yaitu program penyelenggaraan PTSL (Pendaftaran tanah sistematis lengkap) di tahun 2021.

Program ini pun di sambut  baik oleh masyarakat  di karenakan masih banyaknya tanah masyarakat yang tidak memiliki  sertifikat tanah,  sehingga dengan adanya program  PTSL tersebut  sangat membantu mengatasi permasalahan  terkait  sertifikat tanah tersebut.

Adapun jumlah bidang tanah  yang masuk dalam program PTSL  2021 Desa pallakawe  tersebut adalah 80 bidang  namun yang terealisasi  hanyalah 50 bidang tanah, karena adanya beberapa masyarakat  yang tidak mendaftarkan tanah milik mereka.

Adapun biaya yang di bebankan  kepada masyarakat  yang telah mengurus sertifikat  tanah miliknya  melalui program PTSL yakni Rp. 250.000. Per sertifikat tanah,  dan biaya tersebut di kelola oleh  pemerintah desa  untuk kemudian di jadikan biaya  selama proses pengukuran  tiap bidang tanah  masyarakat  mulai dari kelengkapan dolumen, patok, dll.

 Menurut Kepala desa Pallakawe Usman.B. saat di temui awak media (28-12-2021) di kantornya  dirinya membenarkan adanya biaya  tersebut untuk membiayai  selama kegiatan anggota/ aparat Desa dalam proses pengukuran tiap bidang tanah milik masyarakat desa pallakawe  , mulai dari kelengkapan dokumen , pengukuran, dll.

"saya selaku kepala Desa pallakawe benar membebankan biaya  pra sertifikasi  program PTSL   (pendaftaran tanah sistematis lengkap)  sebesar Rp. 250.000 per sertifikat kepada masyarakat , dan kami dari pemerintak desa telah menyepakati  biaya tersebut untuk pembiayaan  kegiatan anggota/ aparat desa  yang turun ke lapangan  untuk melakukan pengukuran Tanah , ungkap kades".

Pemerintah desa pun melalui kepala desa berharap agar program PTSL ini dapat berjalan dengan baik sehingga masyarakat secara keseluruhan memiliki sertifikat tanah , khususnya masysrakat desa Pallakawe. IRWAN.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1