Anggota DPRD Donggala Abubakar Aljufrie Tutup Usia


Trans Sulteng-Donggala, Kabar duka datang dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Dimana salah satu anggota DPR dari Daerah Pemilihan di Donggala dari Fraksi Golongan Karya (Golkar) Abubakar Aljufrie telah meninggal dunia di usia 61 tahun dan menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Undata Palu pada Kamis 03 Februari 2022 shubuh.

Dalam kesempatan itu, Pimpinan DPRD Kabupaten Donggala Takwin dalam sambutannya menyampaikan profil kenangan-kenangan Almarhum selama menjabat sebagai anggota DPRD yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Satu.

“Innalillahi Wa’innalillahi Rajiun, Almarhum (Abubakar Aljufrie) telah pergi meninggalkan kita untuk selama-lamanya, keluarga, kerabat, sahabat, rekan sejawat dan kita semua tentu merasa kehilangan, sebagai anggota DPRD Kabupaten Donggala, almarhum dikenal sangat tekun dan aktif dalam melaksanakan tugasnya serta ramah dan dicintai rekan sejawatnya, disisi lain dengan segala kesederhanaannya. Almarhum dikenal juga sebagai mudah bergaul dan bermasyarakat, memiliki edikasi yang tinggi dan selalu ikhlas didalam pengabdiannya, semuanya itu menunjukkan bahwa almarhum adalah fikur yang baik serta memiliki kepribadian yang perlu diteladani,” kesannya.

Sehubungan dengan itu, atas nama pribadi dan Keluarga Besar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Donggala dan Pemerintah Kabupaten Donggala menghanturkan rasa duka yang mendalam atas kepergian almarhum, seraya berdoa semoga arwah almarhum mendapat tempat yang layak disisi Allah SWT, dan kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan atas senangtiasa diberikan ketabahan jiwa dan kekuatan iman oleh Allah SWT dalam menghadapi cobaan ini.

“Siapapun yang menyadari bahwa, tidak ada satupun didunia ini yang kekal dan sudah menjadi ketentuan Allah SWT, bahwa suatu saat akan tiba waktunya bagi kita untuk mengalami peristiwa kematian yang sama, seperti yang terjadi atas diri almarhum. Tidak ada satupun yang lupuk dari kematian, hanya amal ibadah yang ikhlas semata-mata mencari ridho Allah SWT telah menjadi bekal kita dalam menghadapi kematian, oleh karena itu, mari kita bertanya kepada diri sendiri sampai dimanakah persiapan kita dalam menghadapi kematian yang pasti akan menjemput,” tuturnya.

“Kita semua menyayangi almarhum dan masih mengharapkan untuk bersama-sama kita, akan tetapi Allah SWT berkehendak lain, peristiwa kematian ini menunjukkan bahwa kecintaan Allah SWT kepada almarhum melibihi kecintaan kita padanya, sehingga pada Kamis (03/02) almarhum telah dipanggil oleh sang penciptanya, untuk itu marilah kita merelakan dan mengikhlaskan kepergian almarhum untuk meninggalkan kita semua dengan iringan doa, semoga almarhum selama dalam peristirahatannya yang terakhir senangtiasa mendapat curahan rahmat, magfirah, lindungan dan ampunan dari Allah SWT,” ucap Pimpinan DPRD Donggala Takwin saat melayat dirumah duka di Kelurahan Kabongan Kecil Kecamatan Banawa Donggala, Kamis sore (03/02/2022).

Atas nama pimpinan serta jajaran DPRD Kabupaten Donggala dan Pemerintah Kabupaten Donggala mengucapkan turut berbela sungkawa yang mendalam, atas kepergian almarhum  Abubakar Aljufrie, kami mendoakan semoga almarhum diterima disis Allah SWT serta diampuni segala dosanya, kami doakanpula agar kiranya keluarga yang ditinggalkan diberikan oleh Allah SWT keikhlasan, kekuatan dan ketabahan dalam melepas kepergian almarhum.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Pimpinan DPRD Kabupaten Donggala mengajak kepada seluruh yang hadir dirumah duka, untuk membukakan pintu maaf atas segala kesalahan maupun keilafan almarhum, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

“Marilah kita mengiringi kepergian almarhum Abubakar Aljufrie ditempat terakhirnya,” tutupnya.

Riwayat hidup Almarhum Abubakar Aljufrie 

I. Edintitas. Nama : Abubakar Aljufrie, SE. Tempat tanggal lahir : Donggala, 15 Oktober 1960. Jabatan : Anggota DPRD Kabupaten Donggala, Agama : Islam. Alamat : Jalan Palu Donggala No.38 Kelurahan Kabonga Kecil Kecamatan Banawa. Meninggal : Pada Kamis 03 Februari 2022.

II. Pendidikan : SDN Kabonga Kecil Tahun 1972. SMP Negeri Donggala Tahun 1975. SMA Negeri Donggala Tahun 1980. S1 Universitas Proklamasi Yogyakarta Tahun 1983.

III. Sebagai Anggota DPRD Donggala. Pertama, terhitung mulai tanggal 31 Agustus 2004 - 31 Agustus 2019 sebagai anggota DPRD dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan menjabat sebagai Ketua Komisi Satu. Kedua, terhitung mulai tanggal 31 Agustus 2014 - 31 Agustus 2019 sebagai anggota DPRD dari Partai Golongan Karya (Golkar) dan menjabat sebagai Ketua Komisi Satu. Ketiga, terhitung mulai tanggal 31 Agustus 2019 sebagai anggota DPRD dari Partai Golkar dan menjabat sebagai Ketua Komisi Satu sampai dengan sekarang 2022.

IV. Keterangan Organisasi. Satu, Sekretaris Persido mulai tahun 2004 - 2009. Dua, Ketua Persido mulai 2009 sampai tahun 2013. Tiga, Wakil Ketua bagian organisasi DPK Golkar.

V. Keterangan keluarga. Almarhum meninggalkan seorang istri yang bernama Sri Wahyuni Ningsi dengan Empat orang anak yang bernama : Anak Pertama ialah dr. Hapsa Carawaty Yuniar. Anak kedua bernama Latifa Sukmawaty Yuniar, SE., MA. CC. AKCA. Anak ketiga bernama Mohammad Zein Aljufrie, SE. Anak keempat bernama Nabila Nur Sabrina. (Syamsir)          

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1