Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kasman Lassa, Raih Gelar Doktor Pada Usia 61 Tahun

Jumat, 18 Februari 2022 | Februari 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-19T03:21:06Z


Trans Sulteng-Donggala, Bupati Donggala Kasman Lassa mengikuti wisuda Program Doktor Bidang Ilmu Hukum di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar pada Selasa (15/02/2022) di Baruga A.P. Pettarani Unhas jalan Perintis Kemerdekaan Kota Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel).

Diwisuda Bupati Donggala Kasman Lassa ada momentum bahagia dimana istri tercinta Hj. Indotang, S. Sos, berulang tahun di hari itu juga.

Kasman Lassa mengaku, gelar akademik tertinggi yang diraihnya tersebut akan menjadi motivasi baginya untuk bekerja lebih baik lagi. Serta untuk mengabdikan diri untuk bangsa dan daerah, baik di Indonesia, Sulawesi Tengah dan di Kabupaten Donggala.

“Alhamdulillah saya merasa sangat bangga dan bersyukur kepada tuhan yang maha kuasa, karena saya telah mendapatkan satu penghargaan dengan melalui wisuda program Doktor Ilmu Hukum (S3) dengan predikat Cumlaude dengan judul penggunaan diskresi oleh Kepala Daerah pada Penanggulangan Bencana Alam dan judul itu saya pertahankan pada ujian promosi pada 09 Desember 2021 tahun lalu,” sebut Kasman Lassa Bupati Donggala dua priode,” ujarnya.

Kasman Lassa pun membeberkan proses saat dirinya menjalani kuliah di Universitas Hasanuddin Makassar. “Saya kuliah di Falkultas Hukum ini dan selesai dua tahun tiga bulan, sehingga dengan begitu saya mendapatkan predikat kecepatan waktu dengan nilai yang cukup tinggi dan akhirnya Falkultas Hukum memberikan penghargaan dan ketabahan mengikuti perkuliahan setelah saya melalui proses dari awal dengan izin Gubernur, izin mendagri, karena saya sebagai pejabat publik Kepala Daerah,” jelasnya.

Kasman Lassa megucapkan terima kasih kepada ibu Rektor Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Bersama ibu Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. Farida Patittingi, SH., M. Hum dengan seluruh segenap jajaran akademisi Fakultas Hukum dan jajaran Universitas Hasanuddin yang telah memberikan kesempatan untuk menimba ilmu pengetahuan, sehingga mendapatkan gelar berakhirnya menjadi Doktor Ilmu Hukum di Universitas Hasanuddin Makassar Fakultas Hukum dan berakhir dengan sangat baik.


Kasman lassa pun juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh keluarganya yang mendorong memotivasi memberi kesempatan, serta kepada seluruh jajaran Kabupaten Donggala yang telah memberikan kekuatan lahir dan batin serta memberikan dorongan kuliah.


“Saya kuliah hari jumat sampai dengan minggu dan minggu malam saya pulang dan saya kuliah juga tidak menganggu tugas sebagai kepala daerah, begitu saya lakukan selama satu tahun setengah dan kemudian selesai mata kuliah baru saya akhirnya menyelesaikan peneletian setelah penelitian saya ujian proposal kemudian saya lakukan lagi perbaikan-perbaikan ujian proposal, setelah ujian proposal, ujian hasil tiga bulan lamanya setelah itu baru saya ikut promosi dan Alhamdulillah akhirnya lulus, naa itulah aktifitas yang saya lakukan dengan tidak terlepas dari dorongan Fakultas Hukum yang diberikan kepada saya di umur 61 tahun, disamping itu untuk kebutuhan diri sendiri, kebutuhan ilmu pengetahuan dan kebutuhan untuk masyarakat dari sesi sosial,” ungkapnya.


Selain itu juga kata Kasman Lassa untuk mendorong keinginan anak-anak untuk bisa kuliah, selain itu juga memberikan dan mendorong kepada mahasiswa bahwa yang tua ternyata bisa kuliah dan kenapa kita yang muda tidak bisa berlanjut seperti itu, harapannya.


Kasman Lassa juga berharap agar memberikan kesempatan kepada OPD dan Pimpinan OPD yang mau mengikuti kuliah program S3 di Unuversitas Tadulako, Universitas Hasanuddin dan Universitas lainnya di Indonesia Timur ini, “saya beri rekomendasi karena memang tujuan saya bagaimana Donggala itu tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil professional yang sesuai dengan bidang tugasnya dan target kedepan sebelum berakhir masa jabatannya akan lahir lagi doktor-doktor yang lain, sehingga insyaallah akan menjadi imbang dalam rangka memikirkan membangun Kabupaten Donggala yang professional.


“Kabupaten Donggala ini dibangun bukan saja melalui cara-cara pikir yang kurang, tetapi membangun dengan cara pikir yang moderen seperti mengimbangkan, mengkedepankan, meningkatkan, memberi dorongan, memfalisilitasi, sehingga mempunyai kerjasama yang banyak untuk membangun Kabupaten Donggala yang kita cintai,” tuturnya.

Kasman Lassa menambahkan, bahwa pendidkan yang diikutinya itu adalah pendidikan sekolah tertinggi didunia yaitu S3, dirinya pun telah bersyukur menjadi wisudawan terbaik dari lebih sepuluh orang yang mendapatkan gelar terbaik dari S3 dimasing-masing Fakultas mendapat peredikat tersebut dan itu disampaikan langsung oleh Rektor Unhas Makassar,karena waktunya tepat dan tidak lebih dari tiga tahun, tapi tiga tahun kebawah.

"Alhamdulillah, saya tentunya dari Donggala ternyata mampu bersaing dengan Universitas Negeri yang ada Universitas terbesar dan Universitas yang paling banyak memiliki guru paling besar. Di Indonesia yang paling banyak guru besar itu adalah di Universitas Hasanuddin, insyaallah selesai jabatan bupati priode 2024 berakhir saya akan mengarah kesana dan akan berusaha mendapatkan gelar guru besar yaitu Profesor, dan untuk mendapatkan gelar itu harus menggunakan dua jalur pertama jalur Akademisi dan yang kedua jalur Birokrasi, diantara dua jalur itu insyaallah saya akan mengambil jalur birokrasi, diantara seribu lebih wisudawan yang dilaksanakan itu, saya satu-satunya wisudawan yang mewakili dari Donggala,” pungkasnya. (Syamsir)              

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini