Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten Tolitoli Menumbuhkan Perekonomian Lewat UMKM

Senin, 14 Februari 2022 | Februari 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-15T05:04:44Z


TransSulteng,ToliToli- Memeriahkan perayaan tahun baru Imlek 2022, Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten Tolitoli untuk pertama kali menggelar Tolitoli Street Food  berjuluk Ennisichai 2022 

 diseputaran Taman Kota Gaukan Muhammad Bantilan Tolitoli. Ennisichai yang menyediakan berbagai jenis kuliner itu dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Tolitoli Moh Besar Bantilan pada senin malam (14-2/3022). 

Ketua DPC Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten Tolitoli Ny. Caroline Pangalila Bantilan dalam sambutannya mengatakan," Srikandi Pemuda Pancasila menyelenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan dan mendorong serta men-support para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar lebih berani dan kreatif.  Walaupun saat ini pandemi Covid 19 masih melanda, kegiatan ini tetap dilaksanaksn dengan melibatkan masyarakat yang haus akan hiburan sehingga seluruh Srikandi Pancasila dapat membangkitkan perekonomian Kabupaten Tolitoli. Seluruh  pelaku UMKM dapat menjual produk makanannya dan para pembeli dapat menikmati jajanan di suasana malam hari. Konsep ini menurut Ny. Caroline mencerminkan bahwa walau kita berbeda-beda namun tetap satu dimana prinsip saling menghormati dan menghargai suku, budaya dan agama terus dijunjung tinggi," Kata  Caroline.


Sementara itu Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan saat membuka kegiatan ini  mengatakan," sektor ekonomi di daerah kita sempat mengalami kamandekan akibat  pandemi Covid-19. Guncangan ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 sangatlah besar dan dahsyat. Pandemi Covid-19 kata Wabup telah meluluhlantakkan seluruh aktivitas dan fundamental perekonomian di daerah kita, bahkan sektor UMKM juga merasakan keterpurukan. Oleh karena itu di tahun 2022, Pemerintah Daerah mengupayakan agar pertumbuhan ekonomi kita berada dalam zona positif, salah satunya dengan mendorong pengembangan UMKM sebagai motor ekonomi masyarakat yang diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan dan pemulihan ekonomi daerah kita. 

Stteet Food Ennichisai yang digelar oleh Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten Tolitoli, Wabup  menilai, merupakan upaya memfasilitasi UMKM yang ada di Tolitoli dan dikemas sebagai industri  ekonomi kreatif yang diharapkan dapat menarik minat para pembeli. Upaya ini tentunya sangat sinergi dengan program pemerintah sebagaimana yang telah diharapkan.

Wakil Bupati  berpesan dan menghapkan kepada para pedagang  untuk menjaga kualitas dan keamanan pangan yang dijual agar tidak membahayakan kesehatan masyarakat pembeli. Kepada seluruh pengunjung dan pembeli,Wabup Moh. Besar Bantilan menyampaikan harapan agar tetap menjaga ketertiban dan kebersihan dan tidak membuang sampah atau sisa makanan di sembarang tempat. Yang paling penting pesan Wabup agar selama berlangsungnya kegiatan ini jangan pernah mengabaikan protokol kesehatan, tetap gunakan masker dan sebisa mungkin menjaga jarak aman antar sesama sebab ancaman Covid-19 masih selalu ada bahkan di daerah kita saat ini sudah ada yang terpapar virus covid varian omicron," Ungkapnya.

Acara pembukaan ditandai dengan pemberian angpao dari komunitas Tionghoa sebanyak 15 orang termasuk dari Gaukan Tolitoli Hi. Moh Saleh Bantilan, SH.,MH sebesar 5 juta rupiah dan pelepasan 40 lampion oleh undangan dan panitia. 

Turut hadir pada kesempatan itu Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, sejumlah Pejabat Pemerintah Daerah, Camat Baolan serta seluruh pengurus dan anggota Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten Tolitoli. Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung selama enam hari mulai tanggal 14 sampai tanggal 19 Februari 2022.WAHYU 

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini