Target Vaksinasi Lansia Di Donggala Belum Tercapai, Pemda Dan Forkopimda Menggelar Rakor


Transsulteng,Donggala, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Penyusunan Rencana Kerja Percepatan Vaksinasi Covid-19 Kelompok Sasaran Lansia Kabupaten Donggala Tahun 2022 di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Jumat (18/02/2022).

Rakor itu dilaksanakan bertujuan untuk memaksimalkan pencapaian vaksinasi khusus lansia dalam hal menindaklanjuti peningkatan kasus aktif Covid-19. Dimana target vaksinasi lansia 60 persen yang belum tercapai di Kabupaten Donggala.

Kegiatan Rakor dihadiri Pabung Kodim 1306/Kota Palu, para Danramil, Wakil Kapolres Donggala beserta jajarannya, para Kapolsek dan para Kepala Puskesmas serta Tim Gugus Tugas Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Donggala, Mohammad Yusuf, SE., M. Si menyampaikan, bahwa lansia sebagai kelompok yang sangat rentan terpapar Covid-19.

“Kami Pemda Donggala mengajak Forkopimda bekerjasama untuk mengambil langkah dengan memprioritaskan lansia untuk mendapatkan vaksin Covid-19, dengan harapan dapat mengendalikan angka kematian pada lansia,” tuturnya.

Disampaikannya lagi,adapun kendala dalam upaya percepatan vaksinasi yang terkait dengan administrasi kependudukan seperti masyarakat yang punya NIK tapi belum update datanya dan masyarakat yang belum memiliki NIK.

Sementara itu Wakil Kapolres Donggala, Kompol Gede Suara, SH, mengungkapkan bahwa capaian vaksinasi kelompok lansia sangat berat yaitu perhari tidak sampai 0,5 persen. Olehnya dalam mengejar vaksinasi lansia Polres Donggala akan membagi tugas.

“Kami Polres Donggala mengerjakan di Empat Kelurahan dan Satu Desa di Banawa, untuk Kecamatan Banawa Tengah dikerjakan oleh OPD dan rekan-rekan yang di Koramil, serta untuk Kepala Puskesmas disarankan agar capaiannya harus di share kepada Kapolsek, Danramil dan Instansi yang ada di Kecamatan, sehingga bisa diketahui berapa persen capaian vaksinasi yang telah dilakukan,” jelas Kompol Gede Suara.

Hal itu dikerjakan agar bersinergi dan bekerja sama dalam melakukan pencapaian target vaksinasi lansia di Kabupaten Donggala, harapnya.


Ditempat yang sama, Pabung Kodim 1306/Kota Palu, Mayor Inf. Amrullah menambahkan, tugas vaksinasi yang dilaksanakan sekarang adalah tugas mulia, adapun kendala yang dihadapi yaitu adanya tidak koneknya program Pemerintah dan masyarakat yang tidak mau divaksin.

“Dimana hal itu terjadi karena masyarakat menganggap bahwa vaksinasi berbahaya, untuk pemenuhan vaksin harus mengatur strategi agar masyarakat mau divaksin,” ujarnya.

Untuk itu Mayor Inf. Amrullah mengharapkan agar semua harus berperan untuk pelaksanaan vaksinasi, dengan berupaya agar mampu mengajak masyarakat untuk mau divaksin, imbuhnya. (Laporan pewarta, Syamsir)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1