DLHK Kota Pekanbaru mengatur kebijakan baru terkait retribusi sampah dan melahirkan BLUD untuk menunjang sistem online


TransSulteng,Pekanbaru - Terkait retribusi sampah yang banyak ditemukan kendala, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru telah menyiapkan sistem pembayaran retribusi sampah secara online mulai Februari. Rabu (9/3/22)

Sistem yang digagas Kepala Dinas DLHK Hendra Afriandi ini juga sudah disosialisasikan kepada badan usaha, pengurus lingkungan hidup dan RT/RW pada bulan Januari.

"Kita sudah ada data retribusi, tinggal disinkronkan ke aplikasi yang akan digunakan sebagai media pembayaran. Bulan Januari juga sudah saya sosialisasikan," ujar Hendra.

Dijelaskan Hendra, sistem online ini diharap bisa mengendalikan kendala-kendala yang ada di lapangan, agar kedepan tidak ada lagi pungutan liar yang mengatas namakan DLHK.

"DLHK Pekanbaru akan mengatur kebijakan ini dalam Perwako, jadi kalaupun ada nantinya protes dari masyarakat silahkan langsung ke DLHK Pekanbaru," jelas Hendra 

Selain sistem pembayaran secara online yang sudah dikenalkan sejak Januari, DLHK Pekanbaru juga akan melahirkan BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) yang selesai pada bulan Juli mendatang.

Terang Hendra, BLUD ini bertujuan untuk menunjang sistem online agar pencatatan retribusi sampah di Kota Pekanbaru bisa lebih maksimal.

"Jadi data yang kita dapatkan dicocokkan dengan data dari Disdukcapil, agar keabsahannya terlihat. Data itulah yang nantinya akan kita jadikan nomor pokok retribusi Daerah," tutup Hendra. (Sri Imelda)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1