Lantik Ketua TP PKK Provinsi Sulsel, Tri Tito Karnavian Harap PKK Dapat Bersinergi dengan Program Pemda


TransSulteng -Jakarta - Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian melantik Naoemi Octarina menjadi Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) definitif. Adapun Naoemi dilantik berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum TP PKK Nomor 003/Kep/PKK.PST/III/2022 tanggal 28 Maret 2022 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Ketua TP PKK Provinsi Sulsel. Sebelumnya, Naoemi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua TP PKK Provinsi Sulsel.

Adapun pelantikan tersebut berlangsung secara daring dan luring di Ruang Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (31/3/2022). Acara tersebut juga dihadiri langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, jajaran pejabat eselon I Kemendagri, serta Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Dalam sambutannya, Tri mengatakan, TP PKK merupakan mitra kerja dari pemerintah. Hal ini mengingat pola kepemimpinan TP PKK secara fungsional dijabat oleh pendamping kepala daerah. Menurut Tri, sebagai mitra kerja pemerintah, TP PKK dengan 10 program pokoknya telah mencakup seluruh kebutuhan manusia, baik sejak dalam kandungan hingga lanjut usia (lansia).

“Sehingga tepat sekali bilamana program-program Tim Penggerak PKK senantiasa bersinergi dengan program-program pemerintah daerah (pemda),” ujar Tri.

Pada kesempatan tersebut, Tri mengajak jajaran TP PKK Provinsi Sulsel untuk memahami berbagai program yang dilakukan pada akhirnya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Di lain sisi, dirinya mendorong agar PKK tidak hanya membuat program-program yang bersifat parsial, melainkan secara menyeluruh. Di samping itu, PKK Sulsel diharapkan dapat menjalin kerja sama dengan pihak-pihak di dalam pemda, sehingga program yang digagas PKK dapat sejalan dengan tujuan program pemda.

Lebih lanjut, Tri juga berharap nantinya program-program yang dilakukan PKK mendapat dukungan anggaran dari pemda. Tentunya, program yang dimaksud dapat dipertanggungjawabkan dan masih sejalan dengan program TP PKK Pusat. Dalam kesempatan itu, Tri mengimbau agar jajaran TP PKK Provinsi Sulsel dapat menjalin komunikasi dan koordinasi dengan TP PKK baik di pusat maupun di kabupaten/kota.

“Saya selaku ketua umum pasti akan selalu mendorong dan juga memberi kesempatan kepada Ibu-Ibu ketua provinsi untuk bisa bekerja sama sebaik-baiknya,” tambah Tri.

Tri menambahkan, TP PKK Pusat telah membuat serangkaian program dari Kelompok Kerja (Pokja) 1 sampai 4. Program tersebut diimbau agar dapat diikuti oleh pengurus PKK Provinsi Sulsel dengan menyesuaikan terhadap kebutuhan di daerahnya masing-masing. Di akhir sambutannya, Tri menyampaikan selamat dan terima kasih kepada Naoemi Octarina selaku Ketua TP PKK Provinsi Sulsel. Diharapkan, ke depan TP PKK Sulsel dapat berkontribusi dalam menjalankan program-program yang telah direncanakan.

“Kepada seluruh pengurus Tim Penggerak PKK se-Provinsi Sulawesi Selatan, mari kita bersama-sama dalam bekerja sama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Laporan : Suryadi

Sumber : Puspen Kemendagri

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1