Lomba PTQ RRI Tingkat Nasional di Aceh, RRI Toli-Toli Harap Salah Satu Peserta Tilawah Berasal Dari Parimo


Transsulteng,Parigi Moutong- Radio Republik Indonesia (RRI) Toli Toli akan menggelar kegiatan Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) RRI ke- 52 pada 1 Ramadhan 1443 Hijiriah April 2022 Masehi.

Pelaksanaan seleksi PTQ RRI Toli Toli cabang Tilawah Al- Qur'an untuk Qori dan Qoriah akan digelar di dua tempat yaitu babak penyisihan di Kabupaten Toli Toli dan babak final dipercayakan oleh RRI Toli Toli ke Kabupaten Parigi Moutong.

Hal tersebut disampaikan Kepala RRI Toli Toli Hardi SH di Lolaro (11/3).

Hardi mengatakan, sengaja dipilih Kabupaten Parigi Moutong sebagai tempat pelaksanaan PTQ untuk final cabang Tilawah Al- Quran, karena Parigi Moutong salah satu daerah yang bekerjsama dengan RRI Toli Toli dalam penyebaran informasi melalui Radio.

Kata Hardi, RRI Toli Toli saat ini bermitra dengan tiga Pemerintah Daerah yaitu Kabupaten Buol, Kabupaten Toli Toli dan Kabupaten Parigi Moutong.

"Dalam seleksi nanti kami berharap salah satu peserta yang lolos ke Nasional adalah dari Kabupaten Parigi Moutong Qori atau Qoriahnya, paling bagus lagi kalau kedua duanya Qori dan Qoriah lolos ke Nasional,"Ucapnya.

Lanjut Hardi, adapun untuk pelaksanaan PTQ RRI tingkat Nasional nanti yaitu di Takengon Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Nangroh Aceh Darussalam yang akan digelar pada 13 Ramadhan hingga 17 Ramadhan mendatang. 

Untuk sistim seleksi di daerah kata Hardi yaitu persayaratan putra/putri usia 17 - 30 tahun. Selanjutnya melampirkan identitas diri pendaftar, melampirkan kartu BPJS Kesehatan yang masih berlaku, sudah vaksin Covid-19 minimal dosis pertama, belum pernah juara 1 PTQ/STQ/MTQ, pendaftar putri tidak dalam keadaan hamil/menyesuai, hasil Swab Antigen Negativ H-1 sebelum lomba. Pendaftaran secara online di https:// forms.gle/terC7Ep2u9WS nDcLA.

Sambung Hardi, pelaksanaan PTQ untuk tahapan babak penyisihan di Toli Toli dimulai 1 Ramadhan, dan hasil dari babak penyesihan tersebut diambil lagi sebanyak 6 orang untuk ikut tahapan final di Kabupaten Parigi Moutong pada tanggal 4 Ramadhan, dan yang berhasil mendapatkan Juara 1 putra dan putri akan mewakili RRI Toli Toli Sulawesi Tengah di tingkat Nasional.

"Kami juga minta salah satu menjadi penilai atau Dewan Hakim dari Kabupaten Parigi Moutong, karena yang akan menjadi Dewan hakim nanti sebanyak 3 orang, masing masing adalah 1 orang dari Kabupaten Toli Toli, 1 orang dari Kabupaten Parigi Moutong dan 1 orang lagi dari Provinsi Sulawesi Tengah,"Terangnya.  

Kepala Bagian Kesramas Sekretariat Daerah Kabupaten Parigi Moutong  Drs Mahfudz menyambut baik dengan apa yang telah di programkan oleh RRI Toli Toli, namun kata Mahfudz ia akan bicarakan terlebih dahulu dengan Pengurus LPTQ lainnya agar kegiatan final PTQ di Parigi Moutong bisa berjalan maksimal sesuai yang diharapkan.

"Kami akan lakukan pertemuan terlebih dahulu dengan teman teman LPTQ Parimo, bagaimana mekanismenya, dan hasilnya akan kami laporkan kembali ke RRI Toli Toli,"Ucapnya.

Lanjut Mahfudz, dalam kegaiatam lomba PTQ harus obejektif, tidak bisa diklaim Parigi Moutong harus mewakili ke Nasional, semuanya itu harus melalui seleksi ketat. Jika memang Kabupaten lain seperti Toli Toli dan Buol ebih bagus maka itu yang harus di loloskan. Jika Parigi Moutong juga bagus maka Parimo yang mewakili. Jangan sampai ada kesan peserta Parigi Moutong di paksakan lolos sementara hasilnya di Nasional nanti tidak sesuai harapan atau memalukan dan mengecewakan,"Ucapnya

Senada juga disampaikan oleh Bupati Parigi Moutong H Samsurizl tombolotutu, bahwa sahnya ia mendukung atas di percayakannya Kabupaten Parigi Moutong sebagai tempat kegiatan final PTQ RRI Toli Toli, namun ia berharap harus disiapkan dengan matang dan jangan ada paksaan sehingga hasilnya tidak sesuai harapan.

"Saya menunjuk untuk tempat Kegiatan final PTQ-nya di Parigi Kota, karena di Tinombo lagi terfokus pada kegiatan Paralayang, Ujarnya Sabtu (12/3/22).

DISKOMINFO PARIMO/SD.

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1