PEMDAKAB DONGGALA MELAKUKAN PEMASANGAN PLANG DAN MEGADAKAN SYUKURAN PEMBANGUNAN PELABUHAN


TransSulteng,Donggala-Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Donggala Mengadakan Syukuran sekaligus Pemasangan Plang Pembangunan Pelabuhan Donggala Groundbreaking Proyek Civil 1 : Reconstruction Of Donggala Port. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Donggala Gonenggati, Senin (07/03/2022).

Pelaksanaan Studi Kelayakan atau Feasibility Study (SF), Rencana Induk Pelabuhan (RIP), Daerah Lingkungan Kerja (DLKR) dan Daerah Lingkungan Kepentingan Pelabuhan (DLKP) Donggala, Pantaloan, dan Wani dalam kegiatan Emergency Assistance for Rehabilitation and Reconstruction (EARR) untuk membenahi kerusakan infrastruktur dan fasilitasi akibat bencana gempa bumi dan tsunami 28 September 2018 silam.

Dalam kesempatan itu, Pejabat Pembuat Komitmen Satuan Kerja Peningkatan Fungsi Kepelabuhan Pusat, Fandhika Putra Santoso menyampaikan bahwa Pelabuhan Donggala atau Terminal Donggala ini di inisiasi atas dasar Pelabuhan Donggala yang sudah lama atau yang ada dilokasi lama ini mengalami kerusakan.

Sehingga operasional Pelabuhan Kabupaten Donggala ini mengalami sedikit gangguan atau tidak maksimal, sehingga dengan adanya itu kami berencana untuk melaksanakan pengembalian fungsi layanan publik terutama untuk Pelabuhan seluruh wilayah Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah.

“Ini mengkafer seluruh kebutuhan masyarakat di Donggala maupun di Sulawesi Tengah. Seluruh barang-barang logistik maupun seluruh komponen barang maupun jasa di Sulawesi Tengah terkafer pintu gerbangnya di Pelabuhan, sehingga kami mengembalikan fungsi pelayanan publik yang ada didepan,” ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa Pelabuhan Donggala ini sudah terkontrak dari tanggal 15 Februari 2022, dan ini rencana kami akan laksanakan pembangunan melalui Kementerian Perhubungan selama kurang lebih 16 bulan, jadi Estimasi di tahun 2023 sekitar bulan Mei ataupun juni itu sudah bisa di oprasionalkan.

“Kami mengucapkan terimakasih juga mewakili pak Direktur dan Dirjen, kemarin sudah kita laporkan juga kepada Direktur dan Dirjen bahwa beliau mengamanahkan menyampaikan salam kepada pak Bupati, sekarang untuk fokus untuk IKN (Ibu Kota Nasional), kemudian tak lupa juga dari Kementerian Perhubungan mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh element di Kabupaten Donggala ini yang sudah mendukung terlaksananya sampai kita bisa melaksanakan pembangunan ini, Insyaallah kita doakan bersama mudah-mudahan pembangunan ini bisa lancar dan kami juga butuh dukungan dari Forkopimda untuk mengawal seluruh aktifitas yang ada disini, mudah-mudahan bisa terealisasi dan kemanfaatan dari masyarakat, kalau ini bisa menjadi suatu peninggalan yang bagus atau legislasi yang bagus bisa dimanfaatkan masyarakat, insyaallah pahalanya akan mengalir untuk kita semua, niat kita baik, prosesnya baik, mudah-mudahan hasilnya juga baik,” pungkasnya. (Syamsir)        

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1