Peningkatan Kapasitas Masyarakat Dalam Bidang Kesehatan dan KB


TransSulteng,Donggala-Bupati Donggala, Dr. Drs. Kasman Lassa, SH., MH, membuka secara resmi Workshop peningkatan kapasitas masyarakat dalam bidang kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Donggala, kegiatan tersebut berlangsung di Swiss Belhotel Palu, Senin (07/03/2022).

Dalam kesempatan itu Bupati Donggala, Dr., Drs. Kasman Lassa, SH., MH, berharap kader-kader yang ada bekerja meminimalisir dari pada katahanan penduduk, tujuannya yaitu bagaimana penduduk menjadi penduduk yang profesional, berkualitas dan mempunyai mental yang baik, yang mampu mensejahterakan dirinya dan lingkungannya.

Dimana penduduk profesional tentunya diharapkan pasti tau dan paham tentang kesadaran hidup berbangsa, bernegara dan tau hak dan kewajibannya.

"Hari ini adalah merupakan salah satu aitem untuk harus kita lakukan, bagaimana kader ini untuk bisa menjadi kader yang baik, karena banyak orang hanya datang ikut pelatihan, Bimtek dan sebagainya tetapi makna dari semua itu tidak bisa diterjemahkan, ini persoalan penduduk, oleh karena itu maka pertumbuhan penduduk boleh tetapi kita harus mampu mengendalikannya," ujar Bupati.

Sementara itu, Koordinator Penyerasian Pembangunan Kesehatan, Gizi Keluarga dan Masyarakat, Dahlia, S. Sos., M. Si, dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan Workshop yaitu untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam bidang kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) serta membuka gagasan dan wawasan kepada peserta, dalam rangka pemberdayaan keluarga sehat dimasyarakat.

Dimana peserta Workshop berjumlah 25 orang yang terdiri dari kader masyarakat, Kader KB, Kader PKK dan Perwakilan Kader Gizi Posyandu di Wilayah Donggala.

dapun narasumber yang turut hadir dalam kegiatan workshop  yaitu Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), dr. Hasto Wardoyo, Sp. OG (k), 

Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Kementrian Kesehatan RI, dr. Erna Muliati, M. Sc. (CMFM), Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana, Provinsi Sulawesi Tengah, Hendrik Dwi Laksono, SE, dan

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Donggala, Drs. Lasamudia Dalili, M. Si.

Dilanjutkan dengan penandatanganan Pakta Integritas terkait kesepakatan Rencana Aksi (Plan Of Action) pada workshop peningkatan kapasitas masyarakat dalam bidang kesehatan dan KB di Kabupaten Donggala Donggala dan penyerahan cendramata.

Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Donggala dan Direktur Penyerasian Pembangunan Sosial Budaya dan Kelembagaan Daerah Tertinggal, disaksikan Ketua Ikatan Penyuluh KB, Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Donggala dan Camat Banawa Tengah.(Prokopim/Syamsir)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1