Kabid Darat : Mobil Bus Dishub Bukan Keperluan Angkutan Mudik


TransSulteng-ToliToli- Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H Dinas Perhubungan Bidang Angkutan Darat tak menggelar angkutan mudik secara gratis, padahal diketahui ada Tiga unit armada Bus transportasi milik Dinas tersebut terlihat sedang terparkir di halaman kantor.

 Kepala Bidang ( Kabid) darat Dishub Tolitoli Afandi Dg Silasa ditemui di ruangannya (Jumat,22/04/2022) mengatakan tidak," Memprogramkan mudik gratis Tahun ini, dikarenakan bus tersebut bukan diperuntukan untuk mengakut penumpang umum, melainkan untuk mengantar jemput anak sekolah,jadi tidak di pakai untuk keperluan mudik gratis," Katanya.

Lanjut Kabid, Menjelang lebaran kali ini pihaknya lebih memfokuskan untuk melakukan cek fisik terhadap kendaraan roda empat yang akan mengangkut penumpang  saat melakukan mudik ke daerah asal.

 Hal tersebut di maksudkan untuk memastikan armada yang di gunakan itu laik beroperasi atau tidak.

Kabid darat Dishub Tolitoli Afandi  mengatakan," Ada beberapa kriteria yang harus dan wajib dipenuhi oleh sopir mobil angkutan umum maupun rental jika mau memberangkatkan penumpangnya.syarat itu diantaranya ban mobil tidak boleh aus,rem tangan berfungsi dan yang terpenting adalah tidak boleh membawa penumpang melebihi kapasitas maksimum yang telah di tentukan.

Dikatakan di H - 7 menjelang Idul Fitri Dinas Perhubungan akan menggandeng pihak dari kepolisian lalulintas untuk turun bersama ke beberapa terminal guna melakukan pemeriksaan fisik  kendaraan angkutan umum apakah masih laik operasi atau tidak.

jika ditemukan ada mobil angkutan penumpang yang tidak layak beroperasi maka kami tak mengizinkan membawa penumpang," Ungkap Afandi.

Pemeriksaan fisik kendaraan angkutan umum perlu di lakukan apalagi saat ini lebaran semakin dekat dan tentunya banyak calon penumpang yang akan mudik menggunakan angkutan bis atau rental,hal ini  dikhawatirkan tidak menutup kemungkinan ada sopir angkutan umum yang mobilnya tidak laik beroperasi tetapi sengaja mengabaikan keselamatan penumpang tentu ini sangat membahayakan keselamatan penumpang,maka dari itu sesegera mungkin petugas dari dishub dan kepolisian mengantisipasinya agar tak terjadi hal yang tak diinginkan bersama," Tutup Kabid Darat.WAHYU 

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1