Wabup Donggala Pimpin Apel Gelar Operasi Ketupat 2022.


TransSulteng -Donggala -Wakil Bupati Donggala Moh.Yasin,S. Sos., M. AP, memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat 2022. Operasi Ketupat 2022 adalah Operasi terpusat untuk pengamanan mudik lebaran dan hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Apel tersebut digelar di Halaman Polres Donggala, Jumat (22/04/2022).

Dimana apel gelar pasukan Operasi Ketupat 2022 yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri. Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2022 ini, Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H/2022.

Apel pasukan dihadiri oleh Kapolres Donggala AKBP. Mohammad Yudie Sulistyo, Pabung Kodim 1306/Kota Palu Letkol Inf. Jufri Halimu, SE, Kasat Pol-PP Donggala Dudi Utomo Adi, S. STP., M. Si,Sekretaris Dinas Kesehatan Fabotin Taib, S. Sos., M. Si, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Donggala dan Kementerian Agama Kabupaten Donggala serta segenap unsur TNI/Polri.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Donggala Moh. Yasin bertindak sebagai inspektur apel pasukan Operasi Ketupat 2022 membacakan amanat Kapolri Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 pekan depan Pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat, untuk dapat merayakan dengan berkumpul bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan di jalur-jalur lintasan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.

Dimana kebijakan Pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan eforia. Hal tersebut terbukti berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas atau perjalanan selama lebaran.

"Pandemi belum sepenuhnya selesai kita semua harus selalu waspada dengan tingkat mobilitas masyarakat yang sangat tinggi dan sangat rawan, terhadap terjadinya transmisi Covid-19 menjelang pada saat dan pasca perayaan Idul Fitri 1443 H/2022 ini," tegasnya.

Sehingga diperlukan langkah-langkah sinergis dengan seluruh stakholder terkait, agar masyarakat aman dan sehat dalam merayakan rangkaian Idul Fitri 1443 H/2022.

Disampaikannya lagi,kelonggaran yang diberikan oleh pemerintah agar masyarakat dapat merayakan Idul Fitri bersama keluarga, harus disikapi dengan tetap menjaga agar penyebaran Covid-19 tidak megalami peningkatan dengan melakukan langkah-langkah antara lain yaitu, pertama melakukan himbauan dan mengawasi kedisiplinan masyarakat agar taat terhadap protokol kesehatan 3 M.

Kedua melaksanakan penjagaan dan pengamanan terhadap pelaksanaan Ibadah Idul Fitri di mesjid-mesjid maupun lapangan. Ketiga melaksanakan random chek swab antigen kepada para pelaku perjalanan dan siapkan pelayanan vaksinasi serta isolasi sementara.

"Jika langkah-langkah tersebut dapat dilakukan dengan baik, saya yakin arus mudik maupun balik, dapat berjalan lancar dan laju penyebaran Covid-19 dapat terkendali, olehnya sinergitas antar pemangku kepentingan harus solid," ucapnya.

Diakhir sambutannya Moh.Yasin menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh personil TNI/Polri, Pemda dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dalam pelaksanaan operasi Ketupat 2022.

Sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat dapat senantiasa terjaga serta arus mudik maupun balik perjalanan lancar.

"Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini akan menjadi ladang amal ibadah di hadapan Tuhan YME," tutup Wabup. (Prokopim/Syamsir)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1