WAKIL BUPATI TOLITOLI SAMPAIKAN LKPJ TAHUN 2021 DI DPRD


TransSulteng--ToliToli_Penyelenggaraan tugas umum pemerintahan di Kabupaten Tolitoli, secara keseluruhan relatif terselenggara dengan baik. Program-program yang terkait dengan penyelenggaraan tugas itu antara lain; pencegahan dan penanggulangan bencana, pembinaan batas wilayah, koordinasi dengan instansi vertikal, serta penyelenggaraan keamanan dan ketertiban. Sejumlah masalah yang teridentifikasi dalam pelaksanaan seluruh program tersebut sejauh ini dapat diselesaikan sehingga hal itu patut disyukuri sebagai buah kerjasama semua pemangku kepentingan di Kabupaten Tolitoli.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Tolitoli Moh Besar Bantilan saat menyampaikan pidato pengantar Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Tolitoli Tahun 2021 didalam forum Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolitoli yang digelar di ruang sidang utama Suwot Lipakat pada Senin malam (11/4). Wabup Moh. Besar Bantilan menambahkan sangat disadari masih terdapat kekurangan yang signifikan disamping keberhasilan yang telah dicapai atas pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan sepanjang tahun 2021 dikarenakan mewabahnya pandemi Covid-19. Kelemahan dan kekurangan itu pasti dijadikan sebagai bahan instropeksi seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli. 

Di bagian lain Wakil Bupati menyampaikan bahwa tema pembangunan Kabupaten Tolitoli Tahun 2021 adalah "Peningkatan Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi berkualitas dan daya saing daerah”, sehingga untuk mendukung pemantapan pembangunan daerah Tahun 2021, ditetapkan 11 sasaran pembangunan daerah yang meliputi penanggulangan kemiskinan dan peningkatan

pendapatan masyarakat; peningkatan sarana dan prasarana pendidikan pada semua tingkatan serta pemenuhan tenaga pendidik di wilayah Kecamatan; peningkatan sarana dan prasarana kesehatan serta pemerataan distribusi tenaga kesehatan di wilayah kecamatan; optimalisasi pelayanan publik dan menguatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih,pembangunan ruang publik dan ruang terbuka hijau.

 peningkatan penyediaan sarana dan prasarana infrastruktur pertanian, perikanan; peningkatan kualitas infrastruktur irigasi, jalan dan jembatan serta fasilitas umum lainnya; meningkatkan sarana dan prasarana pulau-pulau kecil, terpencil dan terdepan; meningkatkan kemampuan

pengelolaan keuangan daerah; meningkatkan kapasitas pengelolaanmasalah perkotaan, lingkungan hidup,dan bencana alam serta mendorong penumbuhan investasi swasta padat modal dan padat karya.

Khusus untuk perhitungan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021, dari sisi pendapatan dapat direalisasikan sebesar 95,87 % atau mencapai 1 trilyun 146 milyard lebih. Sedangkan pada sisi belanja, yang dapat direalisasikan sebesar 1 trilyun 117 milyard lebih atau 95,87 % dari taget. 

Rapat paripurna DPRD Kabupaten Tolitoli itu, dipimpin oleh Wakil Ketua I Jemmy Yusuf, SP yang dihadiri oleh seluruh Anggota DPRD serta sejumlah Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli. IRWAN.

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1