BUPATI DONGGALA MELEPAS 29 CALON JEMAAH HAJI DI 11 KECAMATAN DI KABUPATEN DONGGALA


TransSulteng-Donggala-Pelepasan dan Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Kabupaten Donggala Tahun 1443 H Tahun 2022 M. Pelepasan calon Jemaah haji tersebut dilakukan oleh Bupati Donggala Dr. Drs. Kasman Lassa, S.H., M.H, di Wisma Donggala Jalan Ponegoro Palu Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu (25/06/2022).

Pelepasan dan Pemberangkatan Calon Jemaah Haji tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Donggala Dr. Rustam Efendi, S. Pd., S.H., M. AP, Asisten Bidang Administrasi Umum Dee Lubis, S.H., M.H, Kabagren Polres Donggala AKP. Irwansyah, S.H, dan para pimpinan OPD/Kepala Bagian, serta para Camat di Kabupaten Donggala.

Calon Jemaah haji di Kabupaten Donggala sebanyak 29 orang yang berasal dari 11 Kecamatan diantaranya yaitu Banawa 4 orang, Banawa Selatan 5 orang, Labuan 3 orang, Tombusabora 3 orang, Tobata 1 orang, Sirenja 3 orang, Balaesang 2 orang, Balaesang Tanjung 1 orang, Dampelas 1 orang, dan Sojol 1 orang serta Sojol Utara 5 orang.

Dalam kesempatan itu, Bupati Donggala Kasman Lassa menyampaikan rasa syukur, dimana tahun ini diketahui bahwa penyelenggaraan ibadah haji sempat tertunda selam Dua Tahun.

“Alhamdulillah para calon Jemaah haji dari Kabupaten Donggala sebanyak 29 orang dapat berangkat seluruhnya sesuai asal kota tempat tinggalnya di Kabupaten Donggala,” kata Kasman Lassa.

Kasman Lassa pun berpesan kepada para calon Jemaah haji Donggala, agar selalu menjaga kesehatan, karena pada dasarnya ibadah haji bukan hanya ibadah batin tetapi juga ibadah lahir, yang memerlukan fisik sehat dan kuat untuk dapat melaksanakan serangkaian ibadah haji.

“Saya (Kasman Lassa) selaku Kepala Daerah bersama jajaran Pemda Donggala, Kementerian Agama, Pengadilan Agama, dan Forkopimda serta seluruh masyarakat Kabupaten Donggala Insyaallah tetap istiqamah mendoakan calon Jemaah haji di tanah suci, dan begitupula sebaliknya jangan lupa doakan kami di tanah suci mekkah, sehingga semua pejabat dan seluruh masyarakat diberikan kesehatan, umur panjang, murah rezeki Amin,” singkat Kasman Lassa.

Sementara Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Kabupaten Donggala H. Burhan Munawir, Lc., Ma, mengatakan Tahun 2022 ini, hanya mendapatkan kuota sebanyak 912 orang, yang di dalamnya sudah termasuk petugas haji.

“Dimana terbagi dalam tiga kloter penerbangan yaitu kloter 3,4 dan 5 dari jumlah itu, Kabupaten Donggala mendapatkan kuota 29 orang, dan Jemaah calon haji Kabupaten Donggala tergabung dalam kloter Lima Embarkasi Balikpapan, yang artinya Jemaah calon haji Kabupaten Donggalaadalah Jemaah calon haji kloter terakhir di Sulawesi Tengah, yang akan di berangkatkan Minggu 26 Juni 2022 besok, sekitar pukul 14.00 menggunakan pesawat Sriwijaya Air dengan Nomor Flight SJ1373,” terang H. Burhan Munawir.

“Calon jemaah haji agar memantapkan niat, bahwa perjalanan ibadah haji adalah perjalanan ibadah kepada Allah SWT, sudah tentu banyak rintangan dan cobaan yang dihadapi,” pesannya.

Namun itu akan terasa ringan bilamana kita benar-benar ikhlas menjalankan ibadah yang sudah kita nantikan bertahun-tahun, yang tidak semua orang dapat memiliki kesempatan itu, tutup H. Burhan Munawir. (Syamsir) 

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1