Maksimalkan Hasil produksi, Babinsa Koramil 1305/01 Baolan Bantu Bersihkan Rumput Liar


Transsulteng-Kodim1305/BT, Sulteng - Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, khususnya pada tanaman jagung, Babinsa Koramil 1305-01/Baolan Serda Syukur Lagontang melakukan komunikasi sosial pendampingan pembersihan rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman jagung.

Pendampingan kali ini dilakukan Babinsa kepada Bapak Sule Anwar yang merupakan salah satu warga masyarakat petani jagung yang berada Lingkungan 1 Kelurahan Tambun, Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, Kamis (23/06/2022).

"Diatas tanah pertanian, selaku Babinsa yang bertugas di wilayah kelurahan tambun akan terus mendampingi petani dalam membersihkan lahan jagung dari rumput-rumput liar yang saat ini tumbuh subur di bawah tanaman jagung hingga masa panen tiba," Ucap Serda Syukur Lagontang.

"Inilah salah satu tugas tambahan yang di berikan oleh komando atas untuk selalu hadir dalam membantu petani untuk meningkatkan swasembada pangan di wilayah Kodim 1305/BT, serta menjadi bukti kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19," Tambahnya

Sementara itu, Danramil 1305-01/Baolan Kapten Inf Muh. Salam yang mewakili Komandan Kodim 1305/BT letkol Inf  Lawdewick Brucelee Karthine. S.Sos menjelaskan bahwa keberadaan seorang Bintara Pembina Desa tidak hanya berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan Komando Rayon Militer saja. Untuk saat ini tugas dan kewajiban seorang Babinsa terus bertambah salah satunya menjaga ketahanan pangan secara nasional.

"Secara pokok Tugas-tugas tambahan yang sudah diatur meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya. meliputi banyak aspek, yaitu aspek SDM, SDA, sarana-prasarana, pertanian dan infrastruktur di wilayah binaannya," Ungkap Danramil saat menjelaskan pesan dari komando atas.

Tambah Danramil, Kegiatan yang dilakukan oleh babinsa Serda Syukur Lagontang saat ini, merupakan salah satu tugas tambahan dalam bentuk pendampingan kepada seluruh petani yang ada di wilayah binaannya, selain itu, para babinsa juga berperan penuh sebagai motivator bagi para petani dalam perawatan lahan pertaniannya demi menyukseskan Program Swasembada Pangan.

“Untuk itu, Bila rumput liar atau gulma terus dibiarkan maka akan dapat mengganggu perkembang tanaman jagung, oleh karena itu dengan melakukan pembersihan rumput dan tanaman liar lainnya secara rutin akan menjaga stabilitas pertumbuhan tanaman agar tetap maksimal, serta diikuti dengan pemberian pupuk, niscaya saat waktu panen tiba, petani akan mendapatkan hasil panen yang melimpah dan hasilnya perkebunan pun lebih berkualitas baik”, ungkap Danramil 1305-01/Baolan Kapten Inf Muh. Salam

“Perlu kita semua ketahui bahwa Negara kita Bangsa Indonesia adalah negara agraris, yang mana identitas Bangsa Indonesia yang harus diperkuat dengan pelaksanaan Program Ketahanan Pangan Nasional, oleh sebab itu, dengan kehadiran seorang babinsa dalam mendampingi petani, diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi yang baik bagi seluruh petani, demi menjaga stabilitas ketersediaan pangan serta peningkatan kesejahteraan para petani di wilayah Binaannya,” Pungkasnya.

Disisi lain pemilik lahan tanaman jagung bapak Sule Anwar terlihat sangat menyambut baik atas kehadiran, bantuan dan pendampingan yang dilakukan oleh babinsa di lokasi perkebunannya.

 “Saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang di berikan oleh bapak Babinsa, kami tak dapat memberikan apa-apa untuk membalas budi baikmu yang sudah selalu setia mendampingi kami selama ini, biarlah Tuhan yang akan membalas kebaikan bapak Babinsa lewat berkat yang melimpah bagi bapak Babinsa”, pungkasnya Sd/erwin

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1