Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Di Donggala, Ini Pesan Anggota DPR-RI



TransSulteng-Donggala-Anggota Komisi II DPR/MPR-RI, Anwar Hafid, menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, di Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah, pada Senin (30/5/2022)

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, perwakilan Pemerintah Kabupaten Donggala, Camat, para tokoh masyarakat, dan ratusan warga.

 Dalam penyampaiannya, Anwar Hafid memberikan apresiasi yang sangat tinggi atas animo masyarakat untuk hadir dalam sosialisasi tersebut.

 Ia menjelaskan tentang pentingnya memahami dan menanamkan nilai-nilai 4 pilar bagi seluruh anak bangsa, khususnya para generasi muda saat ini, sebagai generasi penerus bangsa yang lahir di tengah gempuran modernisasi dan digitalisasi.

Ke dua hal itu kata Anwar Hafid, saat ini sudah memasuki seluruh sendi-sendi kehidupan dan menjadi bagian setiap aktivitas kehidupan keseharian, dan nilai-nilai 4 pilar menjadi satu-satunya benteng pertahanan untuk menjaga dan melindungi keutuhan Bangsa Indonesia, dari ancaman disintegrasi pihak manapun. "Di era modern seperti saat ini, nilai-nilai 4 pilar sangat penting bagi kita semua, utamanya generasi muda, untuk mempertahankan diri dari paham-paham yang ingin merusak tatanan nasionalisme dan polarisasi anak bangsa" ungkapnya.

 Perkembangan digitalisasi saat ini kata Anwar, tentunya memberikan dampak positif yang sangat luar biasa dengan menyajikan kemudahan dalam mengakses berbagai macam informasi tentang ilmu pengetahuan, peluang-peluang bisnis, ekonomi dan kondisi global hanya dengan modal kuota internet.

 "Namun dibalik kemudahan-kemudahan itu, ada bahaya yang mengintai jika kita tidak cerdas, bijak dan kritis dalam menerima informasi akibat disrupsi digitalisasi tersebut, kebiasaan main telan saja, tidak bijak dalam bermedsos dan kurangnya tabayyun/klarifikasi atas informasi dan propaganda dunia maya, menjadi penyebab dan akar persoalan terjadinya perpecahan dan polarisasi di tengah masyarakat" jelas Anwar.

Dikatakan Anwar, empat pilar kebangsaan yang terdiri atas Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI, adalah hasil ramuan para tokoh bangsa demi menjaga keutuhan negara yang yang sama-sama dicintai. "Penerapan nilai-nilai 4 pilar dalam kehidupan sehari-sehari juga dapat menghindarkan kita, khususnya para generasi muda kita dari tindakan-tindakan menyimpang seperti penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, pencurian, tawuran dan lain-lain yang dapat merugikan banyak pihak" urainya.

 Melalui kesempatan tersebut, Anwar Hafid berpesan kepada seluruh masyarakat Donggala, kepada orang tua agar berperan aktif dalam menerapkan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan, mulai dari lingkungan keluarga dirumah sampai ke lingkungan luar (masyarakat), serta mengawasi seluruh aktivitas anak, baik di dalam maupun ketika berada di luar rumah.

 "Peran orang tua juga dalam memberikan kebebasan bagi anak-anak kita yang masih dibawah umur dalam mengakses internet dan menggunakan handphone tidak jadi masalah, akan tetapi harus dibatasi dan diawasi, jangan dilepas begitu saja, sehingga kita bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan" tandas Anwar Hafid.BAMS/ IRD.

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1