Dinas Perdagangan Tolitoli gelar Operasi Pasar Murah Jelang Hari Raya Idul adha

TransSulteng-Tolitoli- Untuk mencegah terjadinya inflasi harga jelang hari raya Idul Adha 1443 H, Pemerintah daerah Melalui dinas Perdagangan Kabupaten Tolitoli menggelar pasar murah di pasar tradisional panasakan, kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, Rabu (06/07/2022).

Kegiatan Pasar Murah ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat kabupaten Tolitoli Khususnya Kelurahan Panasakan. Sejak dibukanya pasar murah ini, masyarakat sudah memenuhi lokasi pasar murah yang ada di Pasar panasakan untuk mendapatkan sejumlah komoditas yang dijual.

Dalam pasar murah ini yang di gelar dinas perdagangan bekerjasama dengan Polres Tolitoli, Perum Bulog, agen sempurna Baru, (Lorenna) dan Toko Super Mario menjual komoditas yang dibutuhkan oleh masyarakat menjelang hari raya Idul Adha seperti Beras Premium dijual dengan harga 10.500/kg, Beras Medium dijual dengan harga 8.500/kg, Gula Pasir dijual dengan harga 13.500/kg, Terigu dijual dengan harga 9.000/kg, bawang merah dijual dengan harga 55.000/kg dan yang terakhir Minyak Goreng Curah dijual dengan harga 14.000/liter (15.500/kg).

Pasar murah yang merupakan kerjasama dengan Polres Tolitoli, Perum Bulog, agen sempurna Baru (Lorenna) dan Toko Super Mario.lL Dalam pendampingan yang dilakukan di lapangan Kepala seksi Intelijen kejakasaan Negeri Tolitoli Junaidi Atjo SH bersama Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejari Tolitoli, Renita Tuna S.H ikut mendampingi kegiatan Operasi pasar murah yang di gelar di Pasar kampung Buol. Dan memastikan harga harga bahan pokok yang dijual dapat terjangkau oleh masyarakat.

Dalam kesempatan ini Kepala Seksi Intelijen kejakasaan Negeri Tolitoli Junaidi Atjo. SH yang di temui dilokasi kegiatan Operasi pasar murah terlihat melakukan komunikasi dengan kepala perum Bulog yang merupakan salah satu pendampingan kejaksaan negeri Tolitoli serta para pedagang serta pembeli yang memenuhi pasar murah di pasar kampung Buol.

Disela sela pendampingan pasar murah, Kasi Intelijen kejakasaan Negeri Tolitoli Junaidi Atjo, SH, berharap pasar murah jelang Hari raya idul Adha ini dapat meringankan beban masyarakat kabupaten Tolitoli dalam memperoleh bahan pokok dan sayuran.

"Saya berharap kegiatan Operasi pasar murah ini dapat benar benar dapat dirasakan oleh masyarakat luas, sehingga masyarakat yang datang membeli di pasar murah ini bisa membeli sesuai kebutuhan,' Ungkap Junaidi Atjo, SH

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya inflasi harga menjelang hari raya idul Adha.

“Kami berharap pasar murah ini dapat dilaksanakan di secara Continue, karena beberapa jenis rempah rempah seperti bawang merah sudah melambung tinggi, dan untuk mencegah inflasi harga jelang Idul Adha. Kita harapkan pasar murah ini memberi manfaat bagi masyarakat luas” ujarnya.

Sementara itu, kepala Dinas Perdagangan kabupaten Tolitoli Yustianto Bantilan  mengatakan bahwa pemerintah daerah Kabupaten Tolitoli dalam hal ini dinas perdagangan Tolitoli akan terus berupaya untuk mencegah terjadinya inflasi harga jelang hari Raya Idul Adha.

"Hal ini karena menjelang datangnya Hari raya Idul Adha, harga harga kebutuhan pokok diprediksi akan terus bergerak naik. Kondisi ini tentu perlu menjadi perhatian pemerintah daerah melalui dinas perdagangan, agar harga kebutuhan pokok dapat ditekan kenaikkannya jelang hari raya idul Adha, dan perlu diketahui setiap pembelian minyak goreng curah masyarakat hanya di perbolehkan membeli sebanyak 10 liter," Ungkap Yustianto yang akrab dipanggil Yusser.

Lanjut Yustianto mengatakan bahwa berbagai langkah telah dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mencegah inflasi harga antara lain operasi pasar, pasar murah dan pemantauan harga di ritel ritel modern serta sidak stok barang di ritel modern yang tersebar di sejumlah wilayah di kabupaten Tolitoli.

“Dinas perdagangan akan terus mengawasi harga harga kebutuhan pokok masyarakat jelang Idul Adha untuk mencegah terjadinya inflasi harga dan untuk menentukan langkah strategis saat terjadi lonjakan harga yang signifikan ”pungkasnya 

Sementara itu kepala Perum Bulog Tolitoli yang di konfirmasi dilokasi Operasi pasar murah mengatakan bahwa perum Bulog Tolitoli akan terus membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan operasi pasar untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam mendapatkan sembako murah.

"Hari ini kami menyediakan berbagai macam sembako, mulai dari Terigu, beras, Gula pasir, dan khusus hari ini kami siapkan masing masing satu Ton" Ungkap

"Khusus bawang merah kami hanya menyediakan 3 Karung saja, dan harga perkilo 55.000 ribu, dan untuk pasar kampung Buol kami sediakan satu karung, dan kami juga menyediakan beras kemasan baru Merk Fortivit," Tambahnya.

Sementara itu anggota DPRD kabupaten Tolitoli Jumsar mengatakan kegiatan pasar murah yang di selenggarakan dinas perdagangan yang bekerjasama dengan Bulog, Super Mario, dan Lorena sangat membantu masyarkat untuk mendapatkan sembako murah menjelang hari raya Idul Adha. 

"Saya meminta kepada dinas terkait untuk kedepannya untuk selalu berkolaborasi  dinas koperasi dan Bulog bisa terus dilakukan, dan membangun kerjasama dalam operasi pasar murah bisa bentuk betul dirasakan masyarakat bawah," pungkas Jumsar. Erwin

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1