Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya Peduli Terhadap Lahan Persawahan Masyarakat Yang Sering Terdampak Banjir

 

Transsulteng - TOLITOLI - Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya didampingi Sekretaris BPBD Kabupaten. Tolitoli, Anggota DPRD Tolitoli Dapil empat,Dinas PUPR,Camat Galang serta kepala Desa meninjau langsung bantaran sungai di Dusun Pakuan Desa Tinigi dan Desa Lakatan Kecamatan Galang yang menjadi titik luapan sungai pada hari (Jumat 05-08/2022).

Bupati Tolitoli turun langsung," Menemui warga di desa Tinigi untuk bersilatuhrahmi sekaligus mendengar aduan masyarakat terkait dengan luapan sungai kecil di Dusun Pakuan, yang telah meluap ke  persawahan warga, sehingga tanaman padi dan ladang warga menjadi rusak diakibatkan oleh banjir.

Kita sangat kasihan melihatnya, karena ada persawahan dibawah kurang lebih sekitar 50 hektar. Tentunya ini (persawahan) kita harus jaga dan kita harus kerja supaya ini bisa menyelamatkan pertanian yang ada di bawah," Kata Bupati.

Bupati juga berharap kepada BPBD Kabupaten Tolitoli agar menangani masalah ini secepatnya, karena ini hal yang sangat penting untuk menyelamatkan ladang persawahan masyarakat.

Di titik lain luapan air sungai  yang terletak di Desa Lakatan, Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya menyusuri sungai untuk melihat langsung titik terparah luapan sungai di Desa itu.

Bupati memerintahkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggunakan anggaran darurat agar penanganan bantaran sungai itu bisa segera dilakukan sampai tuntas dalam waktu satu minggu kedepan. 

Yang menjadi persoalan, Kita tidak memiliki anggaran pembebasan lahan makanya saya katakan untuk apa kita mempertahankan tanah milik kita, kalau tidak bisa kita selamatkan, yang namanya air susah untuk kita bendung, jadi ada lahan yang harus kita korbankan. selanjutnya Bupati Tolitoli juga memerintahkan Camat Galang segera menggelar rapat bersama pemerintah Desa setempat untuk membahas perencanaan pengerjaan perbaikan bantaran sungai di Desa ini agar pengerjaan cepat dilaksanakan," Tutup Amran Hi Yahya. WAHYU

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1