Kasatpol PP Kabupaten Semarang : Laporan Masyarakat Soal Pelanggaran Langsung Kami Tindaklanjuti


Transulteng-Semarang - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Semarang selalu melakukan kegiatan patroli serta sambang di wilayah Kecamatan. Hal itu disampaikan Kasatpol PP Anang S di ruang kerjanya. Kamis (11/8/2022). Ia mengatakan hal itu dilakukan karena sudah menjadi tupoksinya dalam rangka penegakan Perda, Perbup dan Linmas di Wilayah tugasnya.

"Jadi kami memiliki tugas pengawasan masyarakat dan pengawasan umum atau biasa disebut Wasum. Disaat ada laporan masyarakat tentang pelanggaran, kami langsung melakukan pengecekan ke lokasi dan kemudian ditindaklanjuti. Kami lebih mengedepankan preventif dan sosialisasi," papar Anang.

Ia juga mengatakan bahwa penyakit masyarakat yang ada di wilayah tugasnya yaitu adanya gelandangan, pengemis, pengamen dan ODGJ serta penertiban reklame yang tidak sesuai aturan dan tanpa izin.

Menurutnya, dalam penertiban PKL sudah sesuai SOP, yaitu pertama teguran secara lisan, selang 7 hari kami berikan surat teguran yang pertama kami berikan waktu 7 hari sampai yang kedua dan ketiga. 

"Bila tidak diindahkan kami lakukan eksekusi, saat eksekusi sebelumnya kami juga beritahukan kepada pedagang supaya ada persiapan, kamipun berkoordinasi dengan TNI Polri, Lurah dan Kecamatan," ujarnya.

Anang menuturkan bahwa dalam penegakan perda bukan hanya menjadi tanggungjawab Satpol PP melainkan keterkaitan dari Dinas teknis yakni perizinan DPMPTSP serta Dinas Pariwisata.

Ia juga menuturkan telah menindak kenakalan remaja yaitu beberapa anak sekolah  kedapatan nongkrong di alun-alun, mereka diketahui bolos sekolah.

"Mereka kami data nama dan alamatnya kemudian kami lakukan pembinaan," ujar Anang.

Kami mengimbau kepada masyarakat agar mematuhi dan mentaati Perda dan Perbup yang berada di Wilayah Kabupaten Semarang.

(Vio Sari)

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1