HERRY ALFIANTO PULUALA,Pejabat Negara Yang Siap Pulang Mengabdi Di Kampung Halaman


Oleh : Bambang Sumantri  

TRANS SULTENG - Pria tampan dan cerdas yang pernah menjadi siswa teladan SMU mewakili Provinsi Sulawesi Tengah di tingkat Nasional yang kini berdomisili di Pulau Jawa, Herry Alfianto Puluala ternyata tidak pernah melupakan tanah kelahirannya di Pulau Sulawesi.



   "IYAN" sapaan akrabnya, pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Administrasi Pimpinan dan Protokol IPDN Kemendagri, yang selanjutnya sekarang diamanahkan sebagai Kepala Bagian Ekstrakurikuler Biro Administrasi Keprajaan Dan Kemahasiswaan IPDN Kemendagri ternyata selalu mengingat Sulawesi Tengah yang menjadi kenangan masa lalu tempat ia tumbuh dan dibesarkan.



   Jenjang pendidikan yang ditempuh mulai dari Sekolah Dasar (SD) Negeri 32 Poso, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Poso, dan Sekolah Menengah Umum (SMU) Negeri 1 Poso. Ia kemudian melanjutkan ke perguruan tinggi dan meraih gelar Sarjana Sains Terapan Pemerintahan (S.STP) dan Magister Administrasi Pemerintahan Daerah di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor, Jawa Barat.



   Kini, di usianya yang ke-41 tahun, IYAN tengah mengabdi di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kementrian Dalam Negeri.



   Soal organisasi dan pengetahuan keagamaan, pada masa mudanya IYAN sering mengisi khutbah Idul Fitri, Idul Adha, dan khutbah Jum'at dengan sangat baik meskipun bukan jebolan dari sebuah pesantren.



   Ia juga pernah menjadi Ketua Remaja Masjid dan pengurus sejumlah organisasi, bahkan pernah menjadi juara pidato di tingkat Kementrian Dalam Negeri, serta mewakili Sulawesi Tengah pada ajang Lomba Pidato Tingkat Nasional.



   Selain keluarga besar di Kabupaten Poso, IYAN memiliki keluarga besar di Kabupaten Tojo Una-Una dimana Ayahandanya lahir dan besar di Pulau Una-Una Kabupaten Tojo Una Una dan berniat untuk pulang mengabdi di kampung halaman keluarga besarnya.



   Semasa mahasiswa, IYAN menjadi mahasiswa yang berprestasi dengan IPK sangat memuaskan, dan menjabat sebagai fungsionaris Senat Kemahasiswaan.



   Sebagai teman di masa sekolah SMP dan SMA, saya selaku penulis sangat mengenal sosok Herry Alfianto Puluala adalah seorang sahabat yang tak pernah melihat sahabat dari sisi strata sosial, ia sangat mudah berteman dekat dengan siapa saja.

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1