Plt Bupati Beni Hernedi Resmikan Pusat Jajanan Sekayu


Trans Sulteng,Sekayu - Plt Bupati Musi Banyuasin (Muba) Beni Hernedi meresmikan Pusat Jajanan Sekayu (PJS), berlokasi di kawasan Taman Gelanggang Remaja Sekayu, Kamis (23/12/2021). Peresmian PJS ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua I TP PKK Muba Susy Imelda Beni.

Beni mengatakan pusat jajanan tersebut bisa menjadi pilihan baru bagi pengunjung untuk menikmati wisata kuliner di Kabupaten Muba, khususnya di Kota Sekayu.

"Hari ini kita menghadiri peresmian Pusat Jajanan Sekayu, serba ada dengan konsep yang berbeda. Sebagai salah satu pilihan tujuan penikmat kuliner, menikmati fasilitas bersantai yang nyaman dan modern, sambil menikmati jajanan lengkap, variatif, sehat, dan tentunya sesuai dengan yang diharapkan," kata Beni dalam sambutannya.

Plt Bupati ini juga menyampaikan aprisiasi setinggi tingginya dan terima kasih kepada pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Sekayu dan jajaran, yang telah ikut andil dalam pembangunan di Kabupaten Muba dengan program CSR, salah satunya telah mempercantik bangunan PJS yang menjadi tempat acara siang ini. 

"Mudah-mudahan dengan adanya inovasi dan kreatifitas dalam rangka pemberdayaan koperasi dan UMKM, anggaran yang berpihak kepada kelompok masyarakat pelaku usaha mikro dapat kita tingkatkan lagi,"ujarnya.

Ketua PMI Kabupaten Muba ini juga menyebutkan, peresemian “Pusat Jajanan Sekayu” Muba hari ini mengawali perubahan pola fikir pelaku usaha mikro untuk lebih kreatif dan berinovasi serta berani menghadapi persaingan. Dirinya yakin pelaku UMKM di Kabupaten Muba akan bersiap diri untuk menghadapi tantangan itu. 

"Peresemian Pusat Jajanan Sekayu sebagai langkah usaha mikro kecil yang ada di Kabupaten Muba menghimpun kekuatan. Dengan harapan menjadi modal produksi agar mudah diakses oleh konsumen dan di jadikan tempat jajan yang representatif, menyediakan aneka kuliner khas Muba yang lengkap dan memenuhi standar kesehatan,"pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Bank Sumsel.Babel Cabang Sekayu, Dedek Abdul Halim mengungkapkan bahwa pendirian Pusat Jajanan Sekayu ini merupakan bentuk responsif dari Bank Sumsel Babel dalam bentuk CSR. Dnegan tujuan untuk meningkatkan atau menggalakkan perekonomian khusunya pada UMKM di Kabupaten Muba.

"Selama ini jajanan khususnya di Kota Sekayu belum terintegrasi, maka dari itu kita berkolaborasi bersama Dinas Koperasi UKM, TP PKK Muba dan IWAPI Muba untuk mendirikan Pusat Jajanan Sekayu ini, sehingga para pembeli bisa lebih gampang dan nyaman untuk menikmati kuliner di Kota Sekayu. Kita juga menyediakan fasilitas pembayaran non tunai atau QRIS, guna mempermudah proses pembayaran di PJS ini. Kita juga menyediakan program pinjaman berupa KUR, untuk para pedagang yang memenuhi kriteria sehingga dapat berkelanjutan untuk membuka usaha,"jelasnya.

Menurut laporan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muba Ir Zulfakar MM, bahwa bangunan PJS ini diangun sejak tahun 2019, namun fasilitas belum lengkap seperti sekrang ini, oleh karena itu berkat kolaborasi dengan TP PKK dan bantuan CSR dari Bank Sumsel Babel sebesar Rp 500 juta, akhirnya terciptalah tempat PJS ini.

Kemudian tahun 2020 kita lanjutkan pembangunan dengan fasilitas, kemudian kita tawarkan dengan TP PKK untuk mengelola tempat ini sebagai Pusat Jajanan Sekayu. Kita berfikir untuk mengembangkan tempat ini,akhirnya Akhirnya disetujui 500 juta CSR dari Bank Sumael Babel.

"Dengan diresmikannya PJS ini kita harapkan dapat menopang perekonomian dan UMKM pasca pandemi COVID-19 ini, selain bantuan kredit usaha dari Bank Sumsel Babel, para pedagang di PJS ini juga kita bantu mengurus izin kesehatan dan juga BPOM nya. Kami mengharapkan para OPD agar dapat mensuport PJS ini agar dapat berkelanjutan,"ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Plt Bupati Muba didampingi Direktur Bisnis Bank Sumsel Babel Antonius Prabowo menyerahkan beberapa bantuan berupa, Bantuan Hibah Peralatan Pembuatan Pakan Ternak Ayam Untuk 2 Kelompok tani di Kecamatan Sungai lilin masing-masing Rp. 100.000.000. Bantuan Hibah Peralatan Bengkel / Otomotif untuk 4 UKM di Kecamatan Sungai Lilin masing-masing Rp50.000.000. Bantuan Hibah Peralatan Pertukangan / Meubel untuk 3 UKM di Kecamatan Sungai Lilin masing-masing Rp33.300.000. Bantuan Hibah Peralatan Pertukangan / Meubel untuk 10 UKM di Kecamatan Keluang masing-masing Rp20.000.000. Bantuan Wirausaha Pemula untuk 39 UKM di Kecamatan Sekayu, Lais, Babat Supat, Sungai Lilin, Keluang, dan Tungkal Jaya masing-masing Rp8.000.000.jelasnya (senen)

Post a Comment

To be published, comments must be reviewed by the administrator *

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1