Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rakornas Dukcapil Ditutup, 514 Daerah Bergerak Menuju SIAK Terpusat

Jumat, 11 Februari 2022 | Februari 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-11T09:42:54Z


TransSulteng,Bali - Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh resmi menutup Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bertajuk “SIAK Terpusat: Layanan Adminduk Digital Dalam Genggaman” di Hotel Grand Hyaat, Bali, Selasa (10/2/2022). 

“Yang hadir di sini dan yang virtual kurang lebih semuanya 1000 orang. Ini luar biasa tiga hari penuh kita berada di sini untuk membangun komitmen,” ujar Zudan.

Menurut Zudan, pihaknya akan menindaklanjuti hasil rumusan Rakornas untuk dikerjakan mulai pada 2022. Sebab, diakui Zudan, ada program yang belum berhasil diralisasikan pada 2021 secara tutas. Program SIAK Terpusat adalah program yang wajib dilaksankan dan dituntaskan.

“Itu akan kita kerjakan terus. Tahun ini kita install di 514 semuanya. 8 di 2020, 50 di 2021, sisanya di 2022,” katanya. 

Tak sampai di situ, Zudan juga menyampaikan pihaknya akan tetap melakukan jemput bola, mendatangi kolompok masyarakat untuk melakukan perekaman dokumen kependudukan. Upaya ini dilakukan karena Dukcapil ingin penyelenggaran Pileg, Pilpres dan Pilkada pada 2024 berjalan sukses. 

“Di 2022 dan 2023 itu full kita jemput bola, persiapan Pileg, Pilpres dan Pilkada 2024. Kemudian peningkatan kualitas pelayanan dan integrasi data. Itu pekerjaaan besar kita diluar pemberian identitas yang terus kita lakukan,” tandas Zudan. 

Ditegaskan Zudan, semua program yang sudah dirumuskan dan sudah terkonsep pada Rakornas, termasuk regulasi yang sudah disosialisasikan, tinggal diimplementasikan dan direalisasikan. 

“Betapapun bagusnya konsep tanpa implementasi itu nol. Kalau konsep tidak bagus, implementasinya akan tidak bagus, jadi diawali dari konsep, regulasi, implementasi, supervisi sampai evaluasi kita lakukan terus menerus, pendekatannya plan do check. Lakukan itu semuanya,” tegasnya. 

“Lakukan plan do check, konsepnya dikuasai, regulasinya dibaca dan dipahami, implementasikan, provinsi semua lakukan supervisi bersama pemerintah pusat kemudiam kita evaluasi dan diperbaiki terus menerus,” katanya lagi.

Zudan kemudian meminta jajarannya tak khawatir jika dikemudian hari ada masalah. Semua masalah yang muncul, lanjut Zudan, akan diselesaikan secara bersama-sama.

“Kita satu barisan, kita satu tubuh, teman-teman jangan pernah merasa sendiri, kita satu bagian yang kuat. Pusat, Provinsi, Kabupaten/kota tegak lurus,” pinta Zudan. 

“Jadi jangan merasa masalah di Kabupaten adalah masalah anda sendiri, tidak. Masalah di Kabupaten adalah masalah Provinsi dan juga Pusat. Masalah di Provinsi juga bagian dari kabupaten dan masalah dipusat. Masalah di pusat juga menjadi bagian yang kita akan selesaikan bersama sama lewat Provinsi, Kabupaten dan Kota. Karena kita adalah satu kesatuan,” tegasnya. 

Mengakhiri sambutannya, Zudan juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajarannya, baik pusat maupun daerah, yang terus bekerja keras memberikan pelayanan adminduk kepada masyarakat secara cepat, tepat, akurat, berkualitas dan ikhlas,

“Dengan mengucap syukur Alhamdulillah Rakornas Dukcapil dengan tema “SIAK Terpusat: Pelayanan Adminduk Digital Dalam Genggaman” secara resmi saya nyatakan ditutup. Terima kasih, mohon maaf lahir batin atas kekurangan, semoga rekan rekan sehat selalu,” tutup Zudan.

Laporan : Suryadi

Sumber : Puspen Kemendagri

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini