Notification

×
Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Whats-App-Image-2023-10-14-at-15-02-39-57158036

Tag Terpopuler

Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahaan Dan Kesra Dr. Hj. Rohani Mastura, M.Si, Membuka acara dan Narasumber Pada Acara FGD Tambang Rakyat Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.Bertempat di lolaro

Rabu, 30 Maret 2022 | Maret 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-30T07:03:05Z


 


TransSulteng -Palu-Kegiatan itu dihadiri Bupati Parigi, Samsurizal Tombolotutu, Wakil Bupati Poso Yasin Mangun dan Pejabat Mewakili Kabupaten dan Kota Provinsi Sulawesi Tengah .

Sambutan Gubernur yang dibacakan Stap Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Rohani Mastura menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan Forum Group Discusion terkait Tambang Rakyat Tingkat provinsi sulawesi tengah denganThema “Membangun sinergi antara penambang rakyat, BUMN, BUMD dan Swasta untuk mendukung pembangunan daeraj Kabupaten Parigi Moutong”.

Selanjutnya Gubernur menyampaikan bahwa FGD sebagai sarana strategis untuk menyerap ide masukan dan bertukar pikiran antar stakeholder tambang yang ada di sulawesi tengah, agar berkolaborasi bergerak cepat guna meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertambangan rakyat. 

Gubernur Juga menyampaikan bahwa Sulawesi Tengah adalah daerah yang kaya potensi minerba maupun non minerba yang menjadikannya primadona, tujuan investasi yang sangat diminati para investor dalam beberapa tahun terakhir, pertambangan sulawesi tengah selalu menjadi isu krusial, selain karena sektor ini dapat mendongkrak ekonomi dan mendanai pembangunan daerah secara masif, juga ternyata mempunyai resiko yang relatif lebih tinggi, karena dampak lingkungan baik secara fisik maupun sosialnya daripada komoditi non tambang.

terkait itu, sumber daya tambang harus dikembangkan semaksimal dan seinovatif mungkin supaya dapat memenuhi target pembangunan dengan sedikit kerugian, baik secara ekonomi maupun secara ekologis. dimana pertambangan rakyat dapat menjadi satu solusi agar masyarakat bisa memanfaatkan potensi sumber daya alam, untuk pemenuhan kebutuhan hidup, serta peningkatan ekonomi desa namun tetap ramah lingkungan, olehnya, segala aspek, baik itu perundangan, ekonomi, sosial dan lingkungan perlu dipertimbangkan dalam proses perencanaan tambang dan sedapatnya dievaluasi secara rutin, agar fatalitas akibat eksploitasinya dapat dihindari. 

Biro Administrasi Pimpinan/SD

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini