Tanggapi Pertanyaan Lurah Agrowisata,Ketua DPD PJID-N Bengkalis : Harusnya Banyak Membaca Sebelum Bertanya


TransSulteng -Pekanbaru- Sungguh sangat disayangkan sikap dari seorang Oknum Lurah, yang diduga atau terkesan mendikte Insan Pers Dalam menentukan Organisasi. 

Kekecewaan tersebut diatas, kali ini disampaikan Ketua DPD PJID Nusantara Kab.Bengkalis sekaligus Pemimpin redaksi Media Online (Siber) www.libasriau.com, pada awak media.Senin (28/03/2022)

Lebih parahnya lagi Zulkeni Sp selaku Lurah Agrowisata Kecamatan Rumbai Barat Pekanbaru,  mempertanyakan status wartawan dan medianya,  Apakah Resmi dari PWI Riau?. Sebagaimana bukti yang diperoleh, percakapan wartawan dengan Lurah yang melakukan konfirmasi via WhatsApp Pribadinya baru-baru ini.ungkap Galih Prito Raka Siwi

Pertanyaan yang dilontarkan oleh lurah tersebut, sangatlah mencederai isi dari UU Pers no 40 Tahun 1999 dalam Pasal 7 (tujuh) yang berisi sebagai berikut :

" Wartawan bebas memilih organisasi wartawan."

Tentunya Ucapan dari seorang Lurah dengan bahasa tersebut sangatlah disayangkan, bahkan telah mencederai hati beberapa Insan Pers yang tidak tergabung dalam organisasi PWI , yang diduga dianggap tidak Sah oleh dirinya selaku Lurah.

Sementara  itu, menanggapi pertanyaan Lurah via WhatsApp pribadinya yang dikonfirmasi awak media.Galih Prito Raka Siwi yang akrab disapa dengan Nama Ali, yang juga merupakan Pimpinan Media Online Libasriau.com sekaligus Ketua DPD Bengkalis PJID-Nusantara Riau merasa kesal dan menyayangkan pertanyaan yang dilontarkannya.

" Nampaknya pak lurah harus sering membaca dari pada mendengar dari orang lain tentang apa itu Pers, jadi tidak asal bertanya. Apakah wartawan dan media yang lakukan Konfirmasi resmi dari PWI Riau yang terkesan catut nama organisasi Pers dan Nama Ketua PWI Riau tanpa haknya, yang berujung pada kegaduhan ditubuh Pers Indonesia khususnya di Provinsi Riau," Sebut Ketua DPD Bengkalis 

Lagian saya heran ,Kok Lurah bertanya gitu ya , padahal seorang lurah yang seyogianya adalah seorang pemimpin  bisa lebih bijak lagi dan penuh perhitungan  dalam menyampaikan sesuatu apakah informasi yang hendak dia tanyakan itu real dan sudah sesuai dengan aturan UU yang ada (berkaitan dalam isi pertanyaannya), Sehingga dengan demikian akan terjalin suatu komunikasi yang baik dan tidak merasa was - was akan di cari - cari kesalahan.

" Kami ini Insan Pers Pak , Punya Aturan Dan Diatur dalam UU dalam setiap melaksanakan kegiatan Peliputan sehingga karya yang nanti nya kami tampilkan sesuai dengan pedoman Pers serta Kode Etik Jurnalistik ," Terangnya 

" Jadi jangan pernah merasa risih kalau kita bersih , Jangan Pernah Merasa was - was kalau kita bekerja sesuai dengan tanggung jawab dalam Tugas ," Imbuhnya.

Diakhir kalimatnya , Galih berharap agar nantinya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melaui Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) memberikan wacana kepada seluruh Kepala desa maupun Lurah melaui Camatnya di Kabupaten Bengkalis ini. Agar bisa mulai gemar membaca untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan dari pada hanya mendengar suatu penjelasan dari seseorang yang mungkin kurang lengkap dan tidak sesuai dengan aturan yang ada, sehingga tidak terjadi di Kab.Bemgkalis ini akan yang dilakukan Lurah Agrowisata Kec.Rumbai Barat kota Pekanbaru Provinsi Riau ," Tutupnya ,Team

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1