Wakil Gubernur Buka Secara Resmi Rapat Koordinasi Pemadam Kebakaran Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022.



TransSulteng -Palu- Sulawesi Tengah. Gubernur diwakili Wakil Gubernur Drs. Ma'mun Amir didampingi Kasat Pol-PP Drs. Muhammad Nizam, MH dan Kabid Damkar Arjan Usman, S.Sos., M.Si membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan dalam rangka pemutahiran informasi daerah rawan kebakaran dan peta rawan kebakaran Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022.

Kegiatan Rakorda dilaksanakan secara luring dan daring melalui Via Zoom Meeting, Bertempat di Hotel Santika Palu, Senin, (21/3/2022)

Rakor tersebut mengusung tema : Pemadam Kebakaran Provinsi dan Kabupaten/Kota Bersinergi Bahu Membahu Menuju "Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Sejahtera dan Lebih Maju"

Dalam laporanya, Kabid Damkar Arjan Usman, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakanya Rakor ini yaitu ; Pertama, penguatan tugas dan fungsi serta pemadam kebakaran dan penyelamatan dalam memberikan pelayanan serta perlindungan masyarakat dari ancaman bencana kebakaran dan non kebakaran di Sulawesi Tengah

Kedua, merumuskan arah kebijakan, sub urusan kebakaran dalam rangka penguatan kelembagaan, pengembangan SDM, pemenuhan sarana dan prasarana pemadam kebakaran dan penyelamatan di Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, adapun sasaran rapat koordinasi ini yakni, tersosialisasikannya kebijakan pemerintah bidang penyelenggaraan sub urusan kebakaran di Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah dan terealisasinya arah kebijakan, melalui program dan kegiatan secara terpadu dan sinergi, sebagai alternatif solusi untuk penguatan terhadap bidang pemadam kebakaran dan penyelamatan se-Sulawesi Tengah.

Adapun peserta yang mengikuti rapat koordinasi berjumlah 40 orang yang terdiri dari ; 13 orang kepala Sat Pol-PP, 13 orang kepala bidang damkar dan penyelamatan,10 orang anggota damkar dan 4 orang OPD terkait.

Pada kesempatan itu juga, Wakil Gubernur Drs. Ma'mun Amir membacakan sambutan Gubernur menyampaikan bahwa Berdasarkan Peraturan Mendagri saat ini, terdapat 104 Kabupaten/Kota dan 1 Provinsi yang telah terbentuk menjadi dinas, dan salah satunya dari 104 Kabupaten/Kota adalah Kota Palu.

"Atas nama pribadi dan pemerintah, saya mengapresiasi terselenggaranya Rakor ini, guna untuk menyatukan persepsi mengenai berbagai persoalan dan kendala yang dihadapi oleh pemadam kebakaran lingkup Provinsi Sulawesi Tengah." Ucap Wagub saat membacakan sambutan Gubernur

Selanjutnya, dalam peringatan HUT Damkar yang ke- 103 1 Maret 2022 di Jakarta, Mendagri telah meluncurkan Aplikasi Redkar. oleh karena itu, dengan adanya aplikasi ini, dapat memberikan kemudahan untuk membentuk Redkar di daerah masing-masing.

"Kepada para Kasat dan Kabid Damkar agar lebih intensif dan pro aktif dalam melakukan kordinasi dan konsultasi ke pusat dalam rangka menindaklanjuti pembentukan Redkar." Jelas Wagub

Diakhir sambutanya, beliau berharap semoga pertemuan ini memberikan banyak manfaat dan dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan langkah tindak dalam menyiapkan data dan informasi tentang daerah rawan kebakaran dan serta pembuatan peta rawan kebakaran di daerah masing-masing.suber diskominfo provinsi/SD.

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1