Migrasi Ke- TV Digital : Diskominfo Sulteng Gelar Sosialisasi Bekerja Sama dengan KIM Silalambot Desa Sabang


TransSulteng -Palu- Sulawesi Tengah. Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Sulawesi Tengah menggelar Sosialisasi Digitalisasi Siaran Pertelevisian Melalui Analog Switch Off (ASO) 2022 dan Peran UMKM di Era Digital, Bertempat dilaksanakan di Aula Sekretariat PPK Kec. Dampelas, Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Kamis, (14/4/2022)

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kominikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Sulawesi Tengah diwakili Kepala Bidang Infromasi dan Komunikasi Publik, Hasim R. S,Kom. M.Si, didampingi Ketua Kadin Donggala, Rahmad Arsyad, Kadis Kominfo Donggala Anhar, S.Hut., M.Si dan Camat Dampelas Drs. Arwin, SH.

Dalam sambutannya, Camat Dampelas Drs. Arwin, SH menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilakukan untuk membawa pemahaman serta alasan yang dapat mencegah kesalahpahaman atas perubahan migrasi TV analog ke TV digital. Oleh karena itu, peralihan teknologi TV Analog ke- TV Digital dilakukan untuk menyalurkan informasi pertelevisian yang lebih efisien.

“Saya mengajak para pemuda untuk aktif dan dalam kegiatan UMKM khususnya di Era Digital sehingga dapat meningkatkan pendapatan individu maupun kelompok” Ucap Arwin 

Sementara, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Hasim R. S.Kom., M.Si juga menyampaikan bahwa perubahan Siaran TV Analog Ke- TV Digital merupakan program nasional berdasarkan Undang-Undang Cipta Kerja Tahun 2020.

“Pemerintah dan pihak swasta memberikan bantuan perangkat Set Top Box gratis kepada masyarakat miskin dengan syarat terdata di DTKS, memiliki KTP elektronik dan masuk ke wilayah ASO.” Jelas Kabid IKP 

Lebih lanjut, Adapun beberapa faktor yang ditetapkan pemerintah untuk melakukan perubahan Migrasi TV Analog Ke- TV Digital yaitu ; (1) Untuk meningkatkan siaran televisi yang lebih baik. (2) Meningkatkan kemampuan multimedia dengan dukungan internet berkecepatan tinggi sehingga dapat mempercepat penyebaran informasi.(3)  Meningkatkan efisiensi transmisi.

Selanjutnya, Ketua Kadin Donggala, Rahmad M Arsyad juga menyampaikan peran UMKM di Era Digital bahwa Pemerintah Sulawesi Tengah telah bekerja sama dengan Bukalapak.com untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM di era digital. Oleh karena itu, Kemunculan E-commerce di tengah era digital juga dapat memperluas pasar penjualan UMKM yang sedang berjalan.

“Untuk mengurangi hambatan transaksi di era digital, pemerintah terus berupaya untuk memperluas jaringan internet demi mendukung perkembangan pasar digital yang dikerjakan oleh pelaku digital sehingga tidak ada lagi pelaku UMKM yang kehilangan calon pembeli.” Ujar Kadin Donggala

Turut hadir : Perangkat Desa Dampelas dan Anggota KIM Silalambot Desa Sabang./SD.

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1