Wakil Gubernur Hadiri Pelaksanaan Pembayaran Zakat Pimpinan Daerah dan OPD Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.


TransSulteng-Palu-Sulawesi Tengah. Gubernur diwakili Wakil Gubernur Drs. Ma'mun Amir didampingi Kepala BAZNAS Prof. Dr. Dahlia Syuaib, SH., MH hadiri Pelaksanaan Pembayaran Zakat Pimpinan Daerah Beserta OPD Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022, Bertempat diruang Polibu Kantor Gubernur. Kamis, (28/4/2022)

Dalam laporanya, Kepala BAZNAS Sulawesi Tengah Prof. Dr. Dahlia Syuaib, SH., MH, menyampaikan bahwa Untuk tahun 2021, penerima manfaat penyaluran zakat berjumlah 19. 427 orang yang masuk melalui Sistem Informasi Manajemen Baznas (SIMBA). Dengan demikian, Ada beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan yakni; Kegiatan pemeriksaan rutin lansia duafa, kegiatan pemeriksaan ibu hamil, kegiatan pemeriksaan balita, bantuan alat kesehatan, biaya rumah sakit bagi duafa yang sudah tidak mampu membayar dan perpanjagan BPJS. 

"Gerakan cinta zakat ini sudah dilakukan sejak 5 tahun yang lalu yang berturut-turut setiap tahun dilakukan." Terang Kepala Baznas 

Selanjutnya, Sejak tahun 2021 Kegiatan azmil zakat dilaksanakan Berdasarkan 5 (Lima) program utama yakni ; (1) Sulteng Sehat, (2) Sulteng Sejahtera, (3) Sulteng Cerdas, (4) Sulteng Taqwa, dan (5) Sulteng Peduli.

Pada bulan ramadhan ini, BAZNAS  menyiapkan sembako sebanyak 1.665 paket dan dibagi 2 kali untuk buka puasa bersama. Selanjutnya, adapun jumlah beras sebanyak 4. 675 paket.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Pasal 5 menyebutkan bahwa BAZNAS adalah lembaga pemerintah Non Struktural yang bertanggung jawab kepada pemerintah

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Drs. Ma'mun Amir membacakan sambutan Gubernur sekaligus membuka kegiatan menyampaikan bahwa Zakat adalah kewajiban mutlak bagi seluruh umat muslim. Sebab, zakat merupakan rukun Islam yang wajib dikerjakan umat Islam, khususnya yang memiliki kelebihan harta.

"Karena tujuan zakat ini tidak lain demi kebaikan kita semua, supaya mensucikan harta-harta yang kita peroleh, guna untuk menyempurnakan ibadah kita di bulan Suci Ramadhan melalui Zakat Fitrah."Ucap Wagub saat membacakan sambutan Gubernur

Selanjutnya, Selaku pimpinan daerah, beliau sangat mendukung dan menyambut baik program-program dan gerakan yang diinisiasi oleh jajaran BAZNAS Sulawesi Tengah dalam upaya keras menggencarkan sosialisasi dan mendorong kesadaran ASN Muslim perihal menunaikan kewajiban zakat.

Beliau juga megajak kepada para pejabat Pemerintah, BUMD maupun Swasta di masing-masing instansinya, untuk turut proaktif mengajak para Staf bawahanya agar menyegerakan zakat dan menunaikanya melalui Amil Zakat resmi untuk membantu mewujudkan kesejahteraan dan memberikan keberkahan.

Oleh karena itu, beliau berharap dana zakat yang dihimpun oleh BAZNAS dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membantu saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan akibat Pandemi Covid-19, dan juga untuk membantu mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh di daerah, sehingga penyaluranya tepat sasaran, dan betul-betul sampai kepada saudara-saudara yang membutuhkan.

Turut hadir : Unsur Forkopimda, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama, Kepala OPD, Instansi Vertikal, Pimpinan Badan Usaha, Perusahaan Swasta lingkup Provinsi Sulawesi Tengah.sd.

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1
Post ADS 1