Pemda Parimo Gelar Rangkaian Kegiatan Festival Teluk Tomini (FTT) Oktober - November 2022


Transsulteng-Parigi Moutong- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong akan menggelar rangkaian kegiatan Festival Teluk Tomini (FTT) dari bulan Oktober sampai dengan November 2022 pasca Pandemi Covid 19.

Festival Teluk Tomini (FTT) merupakan Event tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong sejak tahun 2013. 

Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan Teluk Tomini sebagai salah satu daerah di Sulawesi Tengah yang kaya akan destinasi wisata dan keanekaragaman budaya kepada masyarakat luas. Disamping itu Event ini juga ditujukan untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Parigi Moutong. 

Hal ini dijelaskan oleh Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parigi Moutong Muhammad Rusmin SSos MAP kepada Media ini, Jum'at (8/7/22). 

"Kalau kita bicara tentang Festival Teluk Tomini ini memang sudah agenda kita dalam kalender of event, karena memang setiap tahun itu kami lakukan eventnya sesuai dengan rekomendasi kami, atau usulan kami tingkat Provinsi maupun Pusat,"Jelasnya.

Maka dari itulah sambung Rusmin,  tahun ini Pemerintah kembali bersiap untuk mengadakan event FTT tahun 2022 melalui  Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata sebagai pelaksana teknis kegiatan FFT tersebut.

"Untuk persiapan event FTT itu, sesuai dengan arahan dari kegiatan kegiatan rapat kita sebelumnya bersama denga bapak Bupati, dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kami dari bidang teknis, yaitu memang leading sektornya ke kami, sehingga kami mempersiapkan hal hal yang dibutuhkan dalam kegiatan itu,"Urainya.

Menurut Rusmin, dalam FTT 2022 nanti akan terdapat 6 rangkaian kegiatan di dalamnya yaitu pertama Paralayang Internasional,  Kedua Equator Run 10 KM, Ketiga Lomba Tomini Fashion Karnaval, Keempat Fetival Musik 2 Warna, Kelima Lomba Kuliner dan Keenam Pemilihan Putra Putri (Bahari Teluk Tomini), "Terangnya.

Adapun terkait pelaksanaan FTT menurut Rusmin telah diagendakan pada Bulan Oktober hingga November tahun ini. 

"FTT InshaAllah kalau tidak ada halangan Pemda laksanakan di bulan Oktober sampai dengan bulan November,"Katanya.

Rusmin juga menambahkan, untuk Rundown acara sementara disusun yaitu diawali atau dibuka dengan acara Equator Run 10 KM dan diakhiri dengan acara Paralayang Internasional. 

"Untuk puncak acaranya di kegiatan Paralayang Internasional (finalnya). Pembukaan mungkin di acara Equator Run 10K nanti Insya Allah. Rundownnya untuk sementara seperti itu, cuman kami masih minta petunjuk dari pimpinan dalam hal ini bapak Bupati untuk menyetujui tanggal yang sudah kami tentukan,"Ujarnya.

Diakhir kata Rusmin berharap, pelaksanaan FTT tahun ini dapat sukses dan membawa dampak baik bagi pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Parigi Moutong Pasca Pandemi Covid-19. 

"Alhamdulillah kami berharap bahwa event FTT ini yang utama adalah sukses. Kedua, bagaimana dari rangkaian kegiatan ini bisa memberikan dampak kepada Kabupaten Parigi Moutong khususnya, untuk disisi pertumbuhan ekonominya. Insya Allah dengan adanya kegiatan kegiatan seperti Paralayang, Equator ini, bisa menjadi suatu daya tarik kunjungan Wisatawan ke Parigi Moutong dan bisa juga membantu atau mendongkrak pada pertumbuhan ekonomi setelah pasca Covid-19. Insya Allah sukses,"Tandanya.

DISKOMINFO PARIMO/Wundy

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1