Plt. Sekda : Optimalkan Penerimaan Fiskal Daerah.


Transsulteng-PaluSulawesi Tengah-Plt. Sekda Dr. Rudi Dewanto, SE, MM, memimpin rapat dalam rangka mengoptimalkan penerimaan fiskal daerah yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi khususnya dari sektor perpajakan daerah. Bertempat, diruang kerja Sekda Kantor Gubernur. Jumat, (22/7/2022)

Pada kesempatan itu, Rudi Dewanto menyampaikan bahwa berdasarkan data dari ESDM, bahwa Nikel terbesar berada di Indonesia yakni ; sebanyak 52%, dan Nikel terbesar ini berasal dari Sulawesi Tengah.

Kemudian, dari data Badan Pusat Statistik, yakni ; ekspor Sulawesi Tengah mencapai 900 juta $ per bulan atau sama dengan 1,2 Miliyar.

Selanjutnya, beliau menyampaikan bahwa dalam meningkatkan fiskal daerah, perlu adanya dorongan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Sulteng namun, masih mempunyai NPWP di Luar Sulteng agar setiap perusahaan membuka NPWP-nya di Sulawesi Tengah.

Berkaitan dengan MoU yang sudah terjalin baik oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Kantor Pajak Pratama (KPP) Palu untuk segera menindaklanjuti, Sehingga diharapkan pada bulan Agustus 2022, sudah mulai melakukan aksi.

Olehnya, diharapkan PT. Bank Sulteng juga harus siap baik dengan aplikasi dan sistem pembayaran untuk mendukung peningkatan fiskal daerah melalui pajak segera direalisasikan.

Rudi Dewanto berharap kedepanya Instansi Vertikal, Kantor Pajak Pratama, Bapenda dan PT. Bank Sulteng dan Instansi terkait lainya untuk terus melakukan koordinasi, sehingga upaya-upaya penerimaan fiskal daerah dapat dilaksanakan.

Turut hadir : Bapenda, PT. Bank Sulteng dan Kantor Pajak Pratama Palu.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng/Ans /sd

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1