Gubernur Mengikuti Secara Virtual dan Peluncuran Uang Rupiah Kertas Baru Oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur BI


Transsulteng-Palu-Pada Kesempatan itu Gubernur didampingi Kepala Perwakilan BI Sulawesi Tengah Dwi Yanto Cahyo Sumirat, Bupati Sigi, Bupati Donggala dan Wakil Bupati Parigi Moutong , Pj. Sekda Provinsi , Kepala Inspektorat dan Kepala BPKAD Provinsi .

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, rupiah bukan sekedar mata uang, tetapi menggambarkan perjalanan dari bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Pada 30 Oktober 1946, Ori atau Oeang Republik Indonesia dilahirkan atau disahkan dan berlaku. Ini menandai babak baru Republik Indonesia yang saat itu baru saja merdeka.

“Di dalam setiap lembaran rupiah, terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia. Sebuah motif, spirit untuk di sisi satu adalah keberagaman, dan di sisi lain adalah kebersatuan. Ini adalah lambang dan sekaligus komitmen bagi kita semua,” kata Sri Mulyani.

Sementara Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan, peluncuran uang rupiah ini merupakan wujud nyata komitmen bersama untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan terpercaya kepada masyarakat.

Peluncura Uang Rupiah Kertas Baru diluncurkan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2022 tentang penetapan Gambar Pahlawan Nasional sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas NKRI. 

Berikut daftar nama dan nominal uang yang akan digunakan untuk gambar pahlawan nasional tersebut: 

1. Dr. (H.C) Ir Soekarno dan Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta sebagai gambar utama uang kertas pecahan Rp100 ribu.

2. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp50 ribu.

3. Dr. G.S.S.J Ratulangi sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp20 ribu.

4. Frans Kaisiepo sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp10 ribu.

5. Dr. K.H Idham Chalid sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp5 ribu.

6. Mohammad Hoesni Thamrin sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp2 ribu.

7. Tjut Meutia sebagai gambar utama untuk uang kertas pecahan Rp1.000.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , Mengapresiasi Peresmian dan Peluncuran Uang Rupiah Kertas Baru .

Dengan harapan Semoga Kedepan Gambar yang termuat di Uang Rupiah Kertas Baru ada Gambar Ciri Khas Sulawesi Tengah , "Minta Tolong BI Perwakilan Sulawesi Tengah Perjuangkan " Administrasi Pimpinan/Sd

Lebih baru Lebih lama
Post ADS 1