Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sambut Hari Ikan Nasional, Dinas Perikanan dan Kelautan Gelar Lomba Memasak Serba Ikan

Kamis, 03 November 2022 | November 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-04T00:01:55Z


TransSulteng-Palu- Sulawesi Tengah-Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah Gelar Lomba Memasak Serba Ikan dengan mengusung tema "Masakan Ikan Untuk Mengatasi Stunting, Menyehatkan, dan Mencerdaskan". Kegiatan ini juga di rangkaikan dengan lomba UMKM dengan olahan berbahan dasar ikan dan lomba mewarnai. Bertempat di Taman Gelanggang Olahraga (Gor). Kamis (3/11/2022).

Pada laporan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sulawesi Tengah Moh. Arif Latdjuba, SE., M.Si mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut hari ikan nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 November.

Dalam sambutan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Hj. Vera Rompas Mastura, S.Sos, M.Si, mengatakan, bahwa gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) merupakan kegiatan gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan secara teratur yang akan membentuk manusia indonesia yang sehat, kuat dan cerdas serta peduli untuk kebutuhan gizi serta dapat mencegah stunting.

Olahan hasil perikanan merupakan komoditi pangan sumber protein yang memiliki nilai modal yang amat besar dalam mencerdaskan generasi bangsa dan meningkatkan imunitas sekaligus komoditi ekonomi yang memiliki peranan sebagai penghasil devisa negara dengan tetap menjaga keamanan pangan.

"Gerakan memasyarakatkan makan ikan dapat dilaksanakan diposyandu dan kelompok-kelompok dasa wisma serta dapat mengoptimalkan industri pangan berbasis ikan" tambah Vera Rompas.

Dengan keterlibatan Tim penggerak PKK tingkat Kabupaten dan Kota, Vera rompas berharap agar selalu meningkatkan inovasi dan kreasi dalam pengolahan ikan yang menghasilkan variasi menu dan menjadi daya tarik masyarakat untuk membiasakan mengkonsumsi ikan.

Adapun hasil penjurian pada lomba masak serba ikan  yaitu Kabupaten Sigi meraih juara 1 (satu), Kabupaten Morowali Utara meraih juara 2 (dua), Kabupaten Morowali meraih juara 3 (tiga), Kabupaten Banggai meraih juara 4 (empat), dan Kabupaten Banggai Kepulauan meraih juara 5 (lima). Kelima Kabupaten tersebut nantinya akan menjadi perwakilan dalam perlombaan memasak pada peringatan hari ikan nasional.

Turut hadir : Wakil ketua Forikan Nasional, Ibu Ketua Bhayangkara, Ibu Ketua Persit Candra Kirana, Ketua Dharma Wanita, TP PKK Provinsi Sulteng, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab/Kota se-Sulawesi Tengah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Sulawesi Tengah

Sumber :DKIPS Provinsi Sulteng/Sd

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini