Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mantan Pendamping KAT Melakukan Pembinaan Anak Suku Lauje

Rabu, 28 Desember 2022 | Desember 28, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-28T11:51:31Z


TransSulteng-Mantan pendamping komunitas adat terpencil (KAT) yang bertugas di Kecamatan Tomini  melakukan  pembinaan kepada suku lauje yang bermukim di pegunungan molomamua Desa Ogotumubu Barat.

Fokus mereka melakukan pembinaan di bidang sosial ekonomi dan pendidikan bagi anak-anak suku lauje.

Hal ini disampaikan Dini putri kelahiran padang sumatra barat kepada media ini saat disambangi di asrama pancasila 

"Peningkatan ekonomi masyarakat kami galakan pembuatan gula aren yang diolah menjadi bahan pengganti gula putih dalam pembuatan kopi, campuran susu dan lainnya" ucapnya

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa dalam pembuatan gula aren para suami bekerja mengambil bahan baku gula aren di pegunungan setelah itu, para istri-istri mereka melakukan pengolahan gula aren di rumah.

Selain itu kata dia,   mereka fokus dalam melakukan pembinaan di bidang pendidikan bagi anak-anak suku lauje yang ada di pegunungan. Anak-anak yang sudah tamat SD di ogotumubu kami bawah tinggal di palasa karena pertimbangan jarak SMP lebih dekat ketimbang di ogotumubu.

Hal senada disampaikan Jein, putri kelahiran Manado yang beralamat di kotaraya bahwa ada 4 orang anak Lauje pedalaman yang mereka bina.

"Fokus kami melakukan pembinaan karakter yang sangat penting,"katanya.

Disisi lain kata Jein, produk gula aren dari suku lauje tersebut  sudah booming di dalam negeri maupun di luar negeri sudah dipasarkan di Pulau Jawa, DKI Jakarta, Makassar, Papua dan Sulawesi Tengah sudah beredar juga di supermarket dan minimarket begitu pula di dunia maya sudah masuk di marketplace penjualan di aplikasi Facebook,"ujarnya.

Dia menambahkan bahwa kita juga sudah MOU dengan negara Turki yang membutuhkan satu kali pengiriman sekitar  16 ton.

"Hanya saja kami terkendala dengan bahan baku gula aren yang masih kurang," ucapnya.

Jein juga mengatakan bahwa pihaknya juga sudah mendapatkan bantuan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Parigi Moutong berupa peralatan dan beberapa alat lainnya yang diberikan oleh Pemda Parigi Moutong sebagai bentuk kepeduliannya  terhadap pendamping. NOFRI

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini