Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ciptakan Iklim Investasi Yang Kondusif Di Sulteng, DPMPTSP Gelar Workshop OSS Sektor Pertambangan

Selasa, 30 Mei 2023 | Mei 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-30T17:06:29Z


TransSulteng-Palu–Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Prov. Sulteng gelar Workshop Online Single Submission (OSS) Sektor Pertambangan Tahun 2023. Bertempat di Palu Golden Hotel, Jl. Raden Saleh No. 1, Kota Palu. Selasa, (30/5/2023).

Workshop ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kesamaan pemahaman dalam penyelenggaraan perizinan sektor pertambangan melalui OSS serta pengelolaan kebijakan sektor pertambangan.

Kegiatan ini mengusung tema “kebijakan pengelolaan pertambangan dan tindaklanjut pendelegasian sebagian kewenangan sektor pertambangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi” dengan tujuan agar pelaku usaha dapat mengetahui dan mampu mengaplikasikan OSS untuk kegiatan usaha pertambangan serta pelaku usaha dapat memahami kebijakan pengelolaan pertambangan.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 50 orang yang terdiri dari pelaku usaha pertambangan beserta operator perusahaan se- Sulawesi Tengah.

Pada kesempatan itu, Kepala DPMPTSP Prov. Sulteng diwakili Kepala Bidang Pengaduan, Kebijakan dan Pelaporan Pelayanan, Siska dalam sambutannya menyampaikan, capaian realisasi investasi periode triwulan I tahun 2023, meningkat apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu sebesar 16,5%, dengan total investasi sebesar 328,9 Triliun Rupiah.

Khusus realisasi capaian Penanaman Modal Asing (PMA) Sulteng kembali berhasil mencatatkan sebagai lokasi dengan realisasi tertinggi PMA yaitu sebesar US$ 1,9 Miliar, meninggalkan rekor DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

“Keberhasilan ini tidak lain adalah berkat kerjasama dan kerja keras kita semua” ucap Siska.


Lebih lanjut, Siska menjelaskan terkait Online Single Submission Risk Bassed Approach (OSS-RBA) atau OSS berbasis resiko adalah salah satu implementasi pelaksanaan perizinan berusaha.

Dengan adanya OSS-RBA, pemerintah provinsi, Kabupaten/ Kota diharapkan mampu untuk meningkatkan iklim investasi yang kondusif di daerah masing-masing sesuai dengan arah kebijakan jangka panjang di bidang investasi.

“Setiap langkah harus direspon dengan cepat dan kalau bisa, kita kawal bersama seluruh rencana investasi yang sudah mendapatkan perizinan berusaha melalui system OSS-RBA” ajak Siska.

Di Ahir kesempatan,Siska berharap melalui workshop ini dapat menciptakan iklim yang kondusif bagi keberhasilan penyelenggaraan penanaman modal di Provinsi Sulawesi Tengah. 

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber yang berasal dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sulawesi Tengah.

Turut hadir : Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan PTSP Prov Sulteng beserta jajarannya.

Sumber : Kominfo Santik selaku Humas Pemprov. Sulteng

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini