Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wujudkan Arsiparis Bersertifikasi, Dispusaka Gelar Workhsop Bagi Pengelola OPD Provinsi dan LKD Kab/Kota se-Sulteng.

Senin, 29 Mei 2023 | Mei 29, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-30T17:08:12Z


TransSulteng-Palu- Dalam rangka mewujudkan arsiparis bersertifikasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Workshop Jabatan Fungsional Arsiparis atau Pengelola Arsip pada OPD Provinsi dan LKD Kab/Kota se-Sulawesi Tengah. Bertempat, di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah. Senin, (29/5/2023).

Workshop ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tengah I Nyoman Sriadijaya. 

Di katakan,Workshop ini mengangkat tema : "Melalui Workshop Jabatan Fungsional Arsiparis/ Pengelola Arsip pada OPD Provinsi dan LKD Kab/Kota se-Sulawesi Tengah Kita Tingkatkan Kualitas SDM Kearsipan Guna Mewujudkan Tata Kelola Kearsipan yang Baik dan Benar Menuju Sulawesi Tengah Sadar Tertib Arsip". 

Pada Laporanya, Abdul Wahid selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan dari workshop ini adalah Undang-Undang No 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. 

Selanjutnya, ia juga menjelaskan, Maksud dan tujuan dari pelaksanaan workshop ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman dasar tentang jabatan fungsional pengelola arsip dan meningkatkan kualitas dan kuantitas arsiparis.

Pada kesempatan,Kepala Dispusaka Provinsi Sulteng I Nyoman Sriadijaya menyampaikan bahwa sumber daya kearsipan yang meliputi sumber daya manusia dan sumber daya pendukung seperti, sarana dan prasarana kearsipan di Sulawesi Tengah belum seusai dengan harapan.

"Arsip masih dianggap suatu hal yang tidak penting, hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahanan tentang fungsi dan peran arsip". Ucap Kepala Dispusaka dalam sambutanya 

Selain itu, Ia juga menerangkan bahwa dari data yang ada, hampir semua Kabupaten di Sulawesi Tengah belum memiliki sertifikasi. Selain, arsiparis yang disetarakan dari ESELON IV, hampir semua arsiparis belum mengikuti diklat jabatan fungsional arsiparis.

"Hanya ada 6 orang dan 3 pejabat arsiparis yang di setarakan" sebutnya

Terakhir, Kepala Dispusaka berharap, dengan adanya workshop jabatan fungsional kearsipan ini akan menciptakan sumber daya manusia kearsipan yang memiliki kompetensi dan  profesional di bidang kearsipan, khususnya dapat menata dan mengelola arsip sesuai dengan kaidah kearsipan.

Usai pembukaan, workshop ini dilanjutkan dengan pemberian materi dari Wahyu Hidayat selaku Analisis Sumber Daya Manusia Aparatur Ahli muda Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dan Iwan Setiawan selaku Arsiparis  Ahli Muda Direktorat SDM kearsipan dan Sertifikasi.

Turut hadir : Pengelola OPD Provinsi dan LKD Kab/Kota se-Sulawesi Tengah.

Narahubung : Erma (082294101511)

Sumber : sumber Kominfo provinsi 

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini