Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

On Boarding, 134 Pelaku UMKM/IKM Simak Materi Secara Hybrid.

Kamis, 08 Juni 2023 | Juni 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-08T10:55:12Z


TransSulteng-Palu- Di hari kedua pelaksanaan On Boarding, 134 pelaku UMKM dan IKM menerima materi dari para narasumber dalam rangka menambah pengetahuan dan wawasan para pelaku UMKM/IKM Se-Sulawesi Tengah. Bertempat, di ruang Aula Bank Indonesia Provinsi Sulteng. 

Pemberian materi ini dilaksanakan secara hybrid yakni ; offline sebanyak 60 UKM/IKM dan secara online (zoom) sebanyak 74 UKM/IKM.

Adapun yang menjadi narasumber dihari kedua ini yaitu ; Materi pertama dibawakan oleh CEO Transdata, GM Telkomsel Business Partner Akar Daya Mandiri Sulteng Ikhsan Syarifuddin dengan judul materi "Membangun Team Digital" dan "Content Planning". Kemudian materi kedua dibawakan oleh Virmansyah selaku Founder Online Lagi.id.

Di katakan,Pada sesi pertama, Ihsan menjelaskan bahwa memiliki usaha dalam kategori UKM, membentuk sebuah tim digital marketing akan menghadapi banyak tantangan, sumber daya yang terbatas, budget dan waktu yang tidak banyak adalah kendalanya. 

"Dalam membangun team digital ada beberapa tahapan yang perlu di siapkan diantaranya ; identifikasi tujuan, pilih media digital, bentuk team digital marketing, mengenal team, cara merekrut team."jelas ikhsan pada kesempatan itu 

Ia juga menerangkan bahwa sebelum mengidentifikasi siapa saja yang akan masuk dalam tim strategi digital, terlebih dahulu perlu mengidentifikasi apa yang nantinya akan didapatkan. Adapun yang bisa digunakan menjadi goals antara lain; meningkatkan leads (orang yang menghubungi), meningkatkan branding perusahaan, menjalin kerjasama dengan media terkait dan meningkatkan repeat order sebuah bisnis. 

Ada beberapa kategori digital marketing yaitu ; SEO (Search Engine Optimisation), SEM (Search Engine Marketing), sosial media marketing, Marketplace, website, content marketing dan native advertising (konten bersponsor). 

Selanjutnya, di sesi 2 Ikhsan membawakan 

materi terkait "Content Planning. Ia menjelaskan bahwa content planning adalah perencanaan pengembangan konten yang dilakukan agar mencapai tujuan akhir yang di tentukan. Content planning ini dimulai dari menentukan konten apa yang di buat, platform yang digunakan, sampai kapan konten tersebut di publikasikan.

"4 elemen penting dalam perencanaan content yakni ; brand positioning, orientasi bisnis, pengembangan media dan rencana strategis."pungkasnya 

Sementara itu, pada materi kedua, Virmansyah membawakan materi terkait "Customer Relation Manajemen" dan "Teknik Copyrighting". Ia menyampaikan bahwa sistem Customer Relation Management (CRM) adalah sebuah sistem yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan dan mengontrol atau mengendalikan aktivitas - aktivitas pra-penjualan dan pasca - penjualan yang terjadi dalam perusahaan. 

Adapun manfaat CRM bagi perusahaan yakni ; meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, meningkatkan pendapatan perusahaan, mengurangi kehilangan pelanggan, meningkatkan efisiensi bisnis, meningkatkan pemahaman tentang pelanggan dan memudahkan penjualan. 

"Komponen utama dari CRM ialah manajemen, hubungan dan pelanggan"kata Virmansyah dalam paparannya 

Selanjutnya, Virmansyah menjelaskan, pada dasarnya manajemen data meliputi ; proses pengumpulan, penyimpanan, pengolahan dan analisis data agar dapat digunakan secara efektif dalam pengambilan keputusan bisnis. 

"Pada dasarnya customer selalu benar walau anda tahu sebenarnya dialah yang salah." 

Disesi berikutnya, Virmansyah juga mengatakan, copyrighting adalah salah satu teknik seni penulisan dengan tujuan untuk mendapatkan respon dari pembacanya. Media dalam copyrighting tidak hanya dalam bentuk tulisan saja, tetapi bisa menggunakan gambar atau dalam bentuk video. 

Menurutnya, Fungsi copyrighting dalam dunia bisnis yaitu ; (1) membangun brand image. (2) membuat konten yang sesuai. (3) media komunikasi antara bisnis dengan audiens. (4) mendorong audiens melakukan tindakan. (5) dapat meningkatkan penjualan. 

Sumber : Humas Pemprov. Sulteng/SD


×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini