Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mengenang Sejarah, Korem 132/Tdl memperingati HUT Ke-62 di Monumen Tinombala

Rabu, 09 Agustus 2023 | Agustus 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-11T11:54:33Z


TransSulteng-Poso– Momentum istimewa ulang tahun Korem 132/Tdl ke-62, tidak sekedar dirayakan dengan suka cita tetapi juga dilandasi oleh rasa penghormatan yang mendalam terhadap perjalanan panjang dan dedikasi Korem 132/Tadulako.

Hal itu, tercermin saat Danrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Dody Triwinarto, S.I.P., M.Han., memimpin upacara peringatan untuk mengenang peristiwa jatuhnya Helikopter milik TNI-AD yang menewaskan 13 Prajurit terbaik TNI itu gugur. Upacara itu berlangsung di Monumen Tadulako, Dusun Petiro Bajo, Kel. Kasiguncu, Kec. Poso Pesisir, Kab. Poso. Rabu (9/8/2023).

Di katakan,Gugurnya 13 Prajurit terbaik TNI tersebut, tentu saja meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga, TNI maupun Negara, disamping rasa duka mendalam para prajurit TNI merasa sangat terhormat dan bangga karena mereka mengorbankan jiwa dan raga dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan NKRI dari ancaman radikalisme dan terorisme yang membahayakan Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Perasaan bangga dan penuh kehormatan juga jelas tertutur dalam sambutan Danrem. Ia mengingatkan kepada para Prajuritnya dan seluruh generasi penerus bangsa yang hadir di tempat itu, bahwa apa yang sudah terjadi merupakan sejarah perjuangan TNI-POLRI yang bertugas dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan NKRI dari ancaman radikalisme dan terorisme di Poso yang mengakibatkan 13 Prajurit terbaik Kusuma Bangsa gugur di tempat itu.ucapnya. 

Olehnya itu, ia juga menegaskan Monumen Tadulako sebagai tempat untuk perayaan HUT Korem 132/Tadulako setiap tahunnya. Sebagai wujud nyata penghormatan tahunan kepada 13 pahlawan itu.

“Nilai-nilai sejarah inilah yang perlu kita ketahui bahwa kita sendiri belum tentu bisa melakukan seperti itu, dan mari kita mengenang serta mendoakan perjuangan Pahlawan pendahulu kita,”tegas Danrem sembari memacu semangat juang para prajuritnya.

Ditempat yang sama, Ny. Fitriani Syaiful Anwar yang merupakan istri dari Alm. Brigjen TNI Anumerta Syaiful Anwar juga memberikan pesan dan kesannya, ia mengungkapkan kenangannya bersama keluarga saat mendampingi Alm. Brigjen TNI Anumerta Syaiful Anwar bertugas sebagai Danyonif 714/SM yang baru terbentuk pada tahu 2005 dan di tahun 2015 beliau kembali menjabat sebagai Danrem 132/Tdl.

Sementara itu, Bupati Poso, dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang mengungkapkan pihaknya optimis bahwa Korem 132/Tdl akan terus menjadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI dan mewujudkan cita-cita bersama.

“Dengan dukungan semua elemen di daerah ini, Kabupaten Poso dapat menjadi yang terdepan di Sulawesi Tengah,”ungkapnya.

Bupati Poso itu juga menjelaskan pentingnya mengenang jasa para perwira dan prajurit yang telah berkorban untuk keamanan Kabupaten Poso.

Upacara tersebut, dirangkaikan dengan peletakan karangan bunga di Monumen Tinombala serta pemberian bantuan berupa Kursi roda, sembako kepada anak stunting dan anak yatim, juga pemberian piagam penghargaan kepada kepala sekolah dan pelajar,sebutnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Irjen Pol Purn Abd. Rahman Baso, Brigjen Pol Purn Ana Suwadana, Unsur Forkopimda Kabupaten. Poso, Forkopimda Tojo Una-Una, Para Kasi Kasrem 132/Tdl, Para Dan/Kasatdisjan Korem 132/Tdl, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Tokoh adat serta para tamu undangan lainnya. (Penrem_132).suardi

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini