Notification

×
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1
SELAMAT-HARI-RAYA-3 Whats-App-Image-2023-04-03-at-18-46-33-1

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Danrem 133/NW Hadiri Pencanangan Kampung Durian Di Desa Tulabolo Timur

Senin, 25 Desember 2023 | Desember 25, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-25T23:58:24Z


TransSulteng-Gorontalo- Komandan Korem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P., menghadiri kegiatan Pencanangan Kampung Durian dan Dirangkaikan Penyerahan Bantuan dan Penanaman Bibit Durian, bertempat di Desa Tulabolo Timur, Kec. Suwawa Timur, Kabupaten. Bone Bolango, Senin (25/12/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Pj. Gubernue Gorontalo Dr. Ir. Ismail Pakaya, M.E., dan dihadiri oleh Sekda Prov. Gorontalo Drs. H. Sufian lbrahim M.S.l., Plt. Bupati Bone Bolango Dr. Merlan Uloli,SE,MM., Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Mohamad Kris Wartabone, Ketua DPRD Kab. Bone Bolango Halid Tangahu, S.H., Dandim 1304/Gorontalo Kolonel Inf Mustamin, S.E.,M.Han., Kabit PIK Polda Gorontalo Kombes Pol Muji Supriyanto SIK, Msi., Kadis Dikbud Provinsi Gorontalo Rusli Wahyudewey Nusi, kadis Pertanian Provinsi Gorontalo Dr. Ir. Muljady D.Mario, Kadis Sosial Provinsi Gorontalo Ir. Hj. Sila N. Botutihe, M. Si., Danramil koramil 1304-06/ST Letda inf Sampe Kamasa, Kapolsek Suwawa Iptu Pomil Montu, Camat Suwawa Timur Abdul Karim Tangahu S.sos., Kepala Desa  Tulabolo  Timur Uten Humalangi S.i.p, Para Asisten Kab. Bone bolango, Para Pimpinan OPD Kab. Bone Bolango dan Masyarakat Tulabolo Timur.

Secara simbolis, Pencanangan Kampung Durian di Desa Tulabolo Timur ditandai dengan penanaman tanaman durian oleh Pj. Gubernur Gorontalo. Sebanyak 1.500 Pohon durian untuk dibagikan ke masyarakat di Desa Tulabolo.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Bone Bolango Dr. Merlan Uloli,SE,MM,  menyampaikan wujud komitmen Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Bone Bolango untuk mengembangkan komoditas buah-buahan khususnya buah durian, karena buah-buahan merupakan salah satu komoditas yang sangat strategis dan mempunyai nilai ekonomis tinggi untuk dikembangkan, hal inilah yang melatar belakangi pemerintah Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango mencanangkan Gerakan Tanam Buah Durian (GerTamDu) di Desa Tulabolo Timur ini.

"Kegiatan ini adalah dalam rangka menggelorakan kegiatan menanam buah di kalangan warga masyarakat, dan berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya cukup di demplot kelompok tani ini saja, tapi selanjutnya bisa diikuti oleh seluruh warga masyarakat di wilayahnya masing-masing, selain untuk memenuhi konsumsi keluarga dalam rangka pemenuhan gizi, nantinya bisa dikembangkan karena mempunyai nilai ekonomi yang tinggi yang akhirnya bisa menambah penghasilan keluarga," ujarnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Gorontalo mengatakan oleh karenanya saya sangat berharap program ini harus benar-benar serius dijalankan bukan hanya menjadi acara ceremony hal semata tetapi Desa Tulabolo Timur ini menjadi kampung buah dan menanam berbagai varietas durian dengan begitu kedepannya desa ini menjadi sentra bulldog si durian dan menambah daya tarik masyarakat untuk berkunjung sebagai salah satu tujuan agrowisata sehingga pada akhirnya dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat lokal sekitarnya.

"Harapan kami sama dengan harapan masyarakat. Durian yang ditanam dapat hidup dan tumbuh. Jadi tolong ini dirawat dengan baik, supaya insyaallah 4-5 tahun ke depan bisa dipanen, hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat Desa Tulabolo Timur dan sekitarnya," ungkapnya.

Adapun jenis pohon durian yang ditanam terdiri dari 1.000 pohon durian Petruk dan 500 pohon durian Montong. Durian tersebut ditanami di atas lahan seluas 15 hektar selain bantuan pohon durian, turut diserahkan juga bantuan bibit sayuran dataran rendah, kepada petani di Desa Tulabolo Timur.suardi

×
Berita Terbaru Update
close
Banner iklan disini